SAATNYA : BERBURU KUDA

Pacuan Kuda di Indonesia memasuki masa istirahat tahunan. Namun istirahat ini tidak panjang rupanya. Pada awal tahun 2010 depan acara pacuan sudah diisi dengan acara Pacuan Rutin 2010 di Lapangan Pacuan Kuda Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang sedianya akan diadakan pada tanggal 1, 2 dan 3 Januari 2010. Sebagaimana layaknya atlet olah raga, kuda-kuda juga butuh beristirahat sejenak. Kejuaraan nasional pacuan kuda Pordasi secara rutin diadakan pada bulan Juli dan Agustus tiap tahunnya. Dimana usia kuda-kuda saat kejurnas itu berumur 3 atau 4 tahun keatas. Kecuali kuda pemula.
Saat awal tahun inilah maka biasanya orang kuda mulai "berburu" kuda untuk dijadikan calon unggulan kontingen masing-masing daerah. Saat "Berburu Kuda" barangkali menjadi suatu kegiatan yang sangat menarik. Keahlian melakukan evaluasi kuda dan luasnya jaringan yang dimiliki oleh para pemburu kuda akan menjadi daya kekuatan masing-masing kontingen untuk mendapatkan kuda calon unggulan yang diinginkan. Semuanya akan bertaut menjadikan kegiatan berburu kuda menjadi sebuah "seni" tersendiri.

"Makelar Kuda" dan "Agen Kuda"
Bagi orang kuda yang sudah berpengalaman, dua "lembaga" non formal itu sudah sangat lekat ditelinga. namun sulit dimengerti bahkan dibedakan oleh penggemar kuda yang masih baru. Mana yang makelar kuda mana yang agen kuda, karena mereka tidak pernah memasang papan nama masing-masing. Suatu profesi yang selalu ada disekitar komunitas hobby apapun di negeri ini, sekilas tidak tampak namun dapat dirasakan keberadaannya. Dua lembaga non formal itu tidak serta merta tak bermanfaat. Tergantung kepentingan nya. Para penggemar pasti akan berhubungan dan memanfaatkan jasa mereka.
Makelar Kuda: adalah sebuah profesi kuno sepanjang olah raga berkuda itu ada. Mereka adalah jaringan orang kuda yang berurusan dengan jual maupun beli kuda. Bak seorang ahli kuda bicaranya sangat mengalir dan menarik untuk persoalan dunia kuda. Kuda si A maupun si B mereka paham benar mulai dari A sampai Z. Bila anda bertanya soal kuda X anaknya indukan siapa, pejantan siapa, warna apa milik siapa, prestasi bagimana dan harga berapa mereka umumnya paham. Bahkan mereka cenderung "sok ngerti" soal-soal detail si kuda." Kuda A ini baik sekali kualitasnya", padahal melihatpun belum. Atau "Kuda si B jelek atau kurang baik " padahal dengarpun belum apalagi melihatnya secara langsung.
Sama halnya si Makelar Kuda. Agen Kuda adalah profesi yang sama tuanya dengan Makelar Kuda. Seorang agen kuda memiliki pengetahuan luas soal kuda. Mereka menguasai "ilmu" kuda yang lebih baik ketimbang makelar kuda. Tahu betul tentang silsilah kuda "pedigree" kuda-kuda juara. Tahu betul prestasi masing-masing indukan maupun pejantan. Soal menilai kuda dia sedikit memiliki keahlian. Ibarat dunia hiburan atau Artis, Agen Kuda ibaratnya seorang pemandu bakat. Dia paham bahwa kuda A maupun B akan menjadi seperti apa nantinya setelah dia didik dan latih.
Agen Kuda dan Makelar Kuda adalah suatu profesi yang ada disekitar dunia kuda. Dan kita pasti akan berhadapan dengan mereka. Seorang Agen Kuda barangkali memiliki sedikit tingkat professionalitas dan gengsi yang lebih baik. Tidak semua kuda akan dikatannya baik atau buruk. Karena menyangkut profesi dan reputasinya, seorang agen kuda tidak serta merta bersedia mempromosikan seekor kuda ke arena pacu yang lebih besar. Berbagai pertimbangan akan diambilnya bagi seekor kuda untuk terjun diarena pacuan. Berbeda dengan seorang makelar kuda, selama seekor kuda masih bisa "meringkik" maka dia akan promosikan menjadi seekor kuda calon juara. Dan berburu investor barangkali adalah langkah untuk membuat kuda tersebut lari di arena pacuan.
Bagi breeder dan peternak kuda akhir tahun merupakan masa melepas kuda. Setelah sekian lama menyatu dengan kuda-kuda hasil ternaknya, maka saat itu adalah masa perpisahan. Bukan masa yang indah karena melepas kuda hasil ternakannya akan dipenuhi dengan emosi. Tarik-menarik antar anggota keluarga peternak batangkali menjadi hal yang rutin saat pelepasan seekor kuda peliharaan. Maklumlah kuda peliharaan adalah binatang yang mampu membuat hubungan antar anggota keluarga sangat dekat. Jangan harap seorang pembeli kuda bisa berbuat semaunya terhadap kuda yang sudah dibelinya karena si peternak akan selalu memonitornya dari jauh. Peternak kuda sangat berharap kuda-kudanya dipelihara dengan baik, dirawat kesehatannya dan terjaga makannanya. Paling tidak si kuda mendapatkan kasih sayang yang sama ditempat lain.
Peternak kuda dan breeder juga akan berhubungan dengan makelar kuda serta agen kuda. Tergantung situasinya memang, namun bagi kuda-kuda yang memiliki riwayat/sejarah darah biru, maka kadang peran si penghubung itu menjadi mengecil karena bisa saja calon pembeli berhubungan langsung dengan breeder ataupun peternak kuda yang bersangkutan.
Apapun modanya, kegiatan berburu kuda akan tetap menjadi suatu hal yang menarik bagi orang kuda. Apalagi setelah kuda hasil buruannya ternyata mampu berprestasi di ajang-ajang pacuan kuda di tanah air.
Selamat berburu kuda . Salam /Bung Pras/