You are hereTIPs BUAT ANDA/TIPS FOR YOU

TIPs BUAT ANDA/TIPS FOR YOU


By FSI - Posted on 27 June 2008

Serie: Tips Merawat Kuda Oleh Bung Pras FSI
Copyright: Bung Pras, Forum Sandalwood Indonesia

Merawat Kuda Anda

MERAWAT KUKU KUDA ANDA
05 September 09

Bagi anda yang baru saja memiliki kuda baik untuk olah raga ataupun binatang peliharaan keluarga, alangkah baiknya anda mengetahui pentingnya merawat kuku-kuku kuda anda secara teratur.

Kita mengenal istilah konstruksi atau conformation yang melihat struktur kuda dari bentuk tubuhnya. Namun kita kadang lupa bahwa perlu juga kita melihat kuku kuda bersangkutan apakah baik atau kurang bagus.

Kuku kuda memiliki point 50% dalam penilaian saya dan nilainya hampir sama dengan conformation. Mengapa? Karena sebaik apapun konstruksi kuda yang bersangkutan, kalau kukunya kurang baik maka kuda tersebut tidak akan memenuhi syarat sebagai kuda sport atau kuda beban dll.

SEPATU KUDA

Memang masih diperdebatkan banyak ahli tentang manakah yang paling baik antara kuda diberi sepatu besi (tapal) atau tanpa sepatu besi.

Sepatu besi yang dipasangkan dibagian bawah kuku kuda dimaksudkan untuk melindungi kuku kuda dan jempolnya dari gesekan dengan landasan keras sewaktu dia berjalan dan berlari. Sepatu kuda melindungi kukunya dari keausan yang disebabkan oleh gesekan dengan tanah. Namun kuku kuda terus tumbuh bertambah panjang sekitar 0.6 Cm sebulan. Sehingga makin-hari kuku kuda akan semakin panjang.

Di alam bebas kuda tidak bersepatu dan bergerak alamiah. Kuku-kukunyapun tumbuh dan secara bersamaan dia akan berkurang karena gesekan dengan tanah saat dia bergerak dan berlari.

Bentuk kuku dan kondisi ke empat kuku kuda sangat mempengaruhi keseimbangan kuda baik saat dia berdiri tegak berjalan maupun berlari. Di ke empat kaki inilah seluruh berat badan bertumpu sehingga seluruh bagian baik tulang, otot-otot serta persendian pada kaki kuda akan menahan beban secara bersamaan.

Tulang, otot dan persendian kuda tumbuh sejak dia dilahirkan dan akan terus berkembang sampai usia 3 tahun. Beberapa penelitian mengatakan bahwa tulang canon dan otot tandon kuda akan tumbuh melambat bahkan berhenti setelah usia 3 tahun. Dan pertumbuhan itu akan sangat dipengaruhi oleh kondisi kuku kuda bersangkutan selama kuda berusia dibawah 3 tahun, bagaimana arah perkembangannya pasti sangat ditentukan oleh perawatan kuku dan sepatu yang terpasang.

Oleh karena itulah maka perawatan kuku kuda menjadi sangat penting sejak kuda berusia muda.

PEMOTONGAN KUKU DAN PEMASANGAN TAPAL

Kuku kuda tumbuh 0.6 CM per bulan. Oleh karena itu kuda-kuda yang dikandangkan dan diberi sepatu besi harus dirawat dengan memotong (trimming) dan diberi sepatu besi (tapal) secara teratur dan benar. Biasanya seorang tukang tapal kuda (farrier) telah mengerti jenis sepatu macam apa dan bagaimana kuku kuda bersangkutan harus di potong. Hasil perawatan kuku kuda dan pemasangan sepatu baru harus tidak boleh mengganggu keseimbangan kuda saat dia berdiri, berjalan dan berlari.

Kesalahan pada pemotongan dan pemasangan sepatu kuda bisa berakibat fatal yang antara lain kuda akan mengalami deformasi pada persendian, kerusakan pada tulang persendian bawah (pastern) atau kuda mengalami kerusakan pada persendian disekitar "fatlock". Kalau sudah begini akan sulit sekali untuk memperbaikinya.

Oleh karena itulah maka kelompok penggemar kuda beraliran "barefoot" alias kuda tanpa sepatu besi menganggap bahwa kuku kuda akan terbentuk secara alamiah tanpa perlu campur tangan manusia lewat pemasangan sepatu besi. Sudut-sudut yang dibentuk oleh tulang-tulang pastern dan kuku kuda akan terjadi secara sendirinya sesuai kehendak kuda tersebut. Sedangkan dengan pemasangan sepatu besi, manusialah yang mengatur dan membentuk sudut-sudut itu dan mungkin itu tidak seperti yang dikehendaki oleh kuda yang bersangkutan.

Oleh karena itu maka anda sebagai pemilik kuda perlu mengetahui bagaimana kuku-kuku kuda anda dan sepatu yang dipasangkan apakah sesuai dengan keinginan kuda anda ? Tanyalah kepada kuda anda, cocok tidak!

Salam /Bpras/

Referensi:

Barefoot Horse Resources

Horse Hoof Care: Properely Balanced Equine Hooves through Angles

 

MENAIKKAN PERFORMANCE KUDA PACU ANDA

Oleh Bung Pras, Forum Sandalwood Indonesia
Copyright: Bung Pras, Forum Sandalwood Indonesia

Saya mendapatkan banyak pertanyaan mengenai program makanan kuda pacu seperti apa. Banyak orang secara membabi buta memberi makan yang menurut saya kurang effektif. Beberapa jenis makanan MIX berenergi dicampur menjadi satu dengan harapan si kuda dapat memperoleh banyak tenaga dari beberapa makanan mahal yang diberikan tiap hari. Saya ibaratkan anda sedang memberi makan kuda kesayangan anda dengan makanan "oplosan" tanpa rasio. Pertanyaannya apakah makanan "oplosan" yang mahal tersebut adalah makanan yang benar-benar diinginkan kuda anda dan cukup memberi masukan energy untuk meningkatkan performa pada pacuan atau eventing atau kerja yang sedang akan dilakukan. Kalau ukurannya sekedar, "wah kuda saya menang karena makanan oplosan ku cocok dan pas", maka mungkin anda sedang beruntung bahwa lawannya kali ini adalah kuda dibawah klas kuda anda.

Meningkatkan performance kuda anda dapat diperoleh dengan dua cara pokok, yaitu:

1. Nutrisi yang diberikan tiap hari harus sesuai dengan kerja/latihan kuda yang anda miliki saat itu. Jadi bisa berubah-ubah sedikit.

2. Program latihan yang sesuai dengan target yang akan anda bidik yang anda lakukan sebelum hari-hari kompetisi diadakan. Diikuti dengan monitoring pencapaian dan kondisi mekanik otot kuda pada tiap tahapan yang dilalui. Perlu anda ketahui bahwa 90% energy yang diperoleh kuda dari asupan makanan yang diberikan akan dibuang keluar dalam bentuk tenaga/energi baik untuk bekerja, tunggang maupun lari pacu. Oleh karena itu kuda harus mendapatkan asupan makanan yang seimbang dengan tenaga yang akan dikeluarkan. Program pemberian makanan kuda pacu harus disesuaikan dengan kerja yang harus dilakukan si kuda. Pada masa istirahat, latihan ringan, galop ataupun saat pacuan yang membutuhkan waktu 2-3 hari, tentunya porsi ransum akan berbeda mengingat kebutuhan energi masing-masing keadaan itu juga berbeda jauh.

Sumber energy yang dibutuhkan kuda berasal dari carbohidrat pada tanaman forages (cellulosa) rumput-rumputan, biji-bijian (grain), protein dan lemak. Rumput hijau memiliki kandungan energi dan nutrisi lebih tinggi dibanding yang sudah tua dan kering.

Ransum kuda sehari-hari terdiri atas rumput hijau (forages), biji-bijian, serta mineral yang dibutuhkan. Rumput hijau bisa dari jenis Alfa-alfa (kandungan calsium tinggi) maupun Timothy (kandungan calsium rendah). Biji-bijian (grain) bisa dari jagung giling, bekatul, bren, oats, padi dll. Baik dalam bentuk pecah giling ataupun berupa pellete. Mineral lain yang dibutuhkan adalah unsur Calsium (Ca), Phosphore (P) untuk pertumbuhan tulang. Dua unsur Ca dan P ini harus berimbang agar perkembangan pertulangan kuda serta otot tidak terganggu. Untuk kuda yang dipelihara dalam kandang, makanan rumput hijau biasanya akan kurang, sehingga asupan unsur Calsium (Ca) akan sedikit. Biasanya anda memberikan ransum biji-bijian (grain) seperti: bren, jagung, bekatul, oats, padi dll pada kuda. Biji-bijian ini banyak mengandung unsur P, akibatnya Ca dan P tidak berimbang. Untuk itu perlu ditambahkan Calsium pada ransum setiap hari. Kekurangan Calsium berakibat pada kerusakan tulang-tulang kaki dan otot.

Pada saat kuda harus bekerja berat seperti saat bermain polo, endurance, pacuan 2 hari, eventing 3 hari, jumping, cross country dsb. Kebutuhan energy untuk kerja ini diambil dari karbohidrat yang tersimpan atau dari glecogen yang diturunkan dari asupan makanan biji-bijian (grain). Pada kondisi seperti ini kebutuhan energy itu tidak akan mencukupi apabila hanya dissuply dari makanan rumput hijau yang diberikan saja. Oleh karena itulah anda harus berikan oats, jagung atau campuran (mix) yang dapat anda beli sudah dalam kemasan. Juga minyak bertenaga yang biasanya ada dalam makanan kemasan mix itu.

Kuda membutuhkan makan rumput minimum 1% (satu persen) dari berat badannya. Jadi jangan membatasi rumput hijau dibawah 1 persen hanya untuk menjaga perutnya supaya tidak buncit! Pemberian rerumputan yang berlebihan juga kurang baik karena akan menyebabkan perut kuda buncit dan kurang atletis. Table konsumsi makanan yang diharapkan untuk setiap kuda diberikan dibawah ini.

Satuan dalam persen berat badan. Vitamin yang diperlukan kuda A. B, C, D, E, K.

Pada saat oto-otot kuda melakukan konstraksi, energy dibakar bersama oxigen. Muncul unsur radikal bebas yang beracun sebagai akibat proses oksidasi ini. Vitamin E adalah unsur yang diperlukan untuk membuang radikal bebas ini. Kekurangan vitamin E kuda akan mengalami kram otot, kecapaian (fatigue), ngilu, kejang,tandon dll. Vitamin E akan mengembalikan kesehatan otot setelah berlatih ataupun bertanding. Vitamin B1 (thiamine) dibutuhkan untuk proses metabolisme dalam merubah carbohidrat yang diperoleh dari makanan menjadi tenaga untuk kerja otot. Biasanya diberikan lewat suntikan vitamin B complex.

Air bersih yang tidak terkontaminasi harus diberikan sebagai asupan sehari-hari secara bebas sesuai kebutuhannya, kuda membutuhkan air untuk proses metabolisme, sebagai pengganti keringat yang keluar saat bekerja atau berlari. Namun pemberian air ini diatur setelah melalui proses pendinginan badan, kira-kira 1 jam setelah kerja atau lari selesai. Berikan rumput setelah kuda selesai berlari sampai suhu badan betul-betul dingin normal kembali baru diperbolehkan minum air. Pemberian air setelah kerja keras dilakukan dapat menyebabkan gangguan seperti munculnya cholic dsb.

Pemberian Electrolytes yang berisi sodium, magnesium, potasium, cloride dan calsium sangat baik setelah kuda berlomba atau kerja keras. Mineral seperti sodium, magnesium, potasium, cloride dan calsium akan hilang bersama keringat yang mengucur deras saat kuda bekerja ataupun lewat air seni. Namun kuda yang diberikan makanan rumput hijau yang baik dan garam yang cukup akan bisa memenuhi kebutuhan electrolyte tersebut kecuali bila keringat yang keluar sangat berlebihan. Pemberian elektrolyte ini tidak boleh dicampurkan dengan air minum sehari-hari yang disajikan. Hanya diberikan setelah kerja keras saja untuk mengembalikan kondisi dengan cepat. Kuda sport dan pekerja berat sangat sensitive terhadap cholic sebagai akibat perubahan pola makan yang cepat, pemberian air minum dingin berlebihan saat kuda masih panas, rumput yang masih basah, atau kuda tidak aktif. Oleh karena itu merubah ransum harus dilakukan bertahap. Table Consumsi Yang diinginkan kuda

Kuda Dewasa Forages (% Berat Badan) Consentrat (%Berat Badan) Total (% Berat Badan)
Masa Maintenance 1.5 - 2.0 0 - 0.5 1.5 - 2.0
kerja ringan 1.0 - 2.0 0.5 - 1.0 1.5 - 2.5
Kerja sedang 1.0 - 2.0 0.75 - 1.5 1.75 - 2.5
Kerja Keras 0.75 - 1.5 1.0 - 2.0 2.0 - 3.0

Sumber: NRC 1989 Note: Air dry feed 90% dry matter Untuk dosis pemberian vitamins dan meneral bagi kuda anda, silahkan anda berkonsultasi dengan dokter hewan (Vet) anda terdekat.

Sumber: - "Feeding the performance Horse", by Larry A. Lawrence, former Extension Equine Specialist at Washington State University, -

Dan berbagai sumber /Bung Pras/

CARA PRAKTIS MENGUKUR BERAT KUDA ANDA

Bagi anda yang kesulitan untuk menimbang kuda kesayangan anda berapa berat badannya sehingga anda bisa lebih tepat dalam memberi ransum, ada cara yang praktis yang bisa dipakai yaitu dengan mengukur lingkar dada (girt) dari kuda anda. Meskipun tidak terlalu akurat mengingat panjang masing-masing kuda tidak selalu sama, namun cara ini lebih baik dari pada hanya sekedar mengira-ira tanpa pedoman. Table berikut adalah konversi lingkar dada dalam inchi ke berat dalam pund (lbs). Untuk anda ketahui 1 inchi = 2.54 Cm, sedangkan 1 pound (lbs) = 0.4535924 Kg.

No Lingkar Dada (Inches) Berat (Lbs)
1 30.0 100
2 40.0 200
3 45.5 300
4 50.5 400
5 55.0 500
6 58.5 600
7 61.5 700
8 64.5 800
9 67.5 900
10 70.5 1,000
11 73.0 1,100
12 75.5 1,200
13 77.5 1,300

Sumber: Lewis 1982 Selahkan mencoba./Bung Pras/

MELATIH KUDA PACU MUDA
Oleh: Bung Pras, Forum Sandalwood Indonesia
Copyright: Bung Pras, Forum Sandalwood Indonesia

Umur kuda dalam konsesi/kesepakatan PORDASI dihitung mulai bulan Agustus setiap tahun. Jadi sebaiknya kalau mengawinkan kuda harus diperhitungkan dan disesuaikan dengan kelahiran berikutnya yaitu bulan Agustus. Umur selalu dibulatkan keatas. 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun dst. Tidak dikenal 1.5 tahun, 2.5 tahun dsb. Kuda masih anak (belo) bisa mulai dilatih pada usia 18 bulan (umur riil), latihan ringan-ringan saja berupa "longser" (draf melingkar) beberapa putaran saja, tanpa beban, cukup satu minggu 1x dan istirahat. Tujuannya untuk melatih otot pergelangan kaki dan bahu.

Setelah umur 21 bulan latihan ditambah beban yaitu saddle berikut perangkatnya.

Umur 22 bulan pakai beban manusia tidak terlalu berat misalkan 40 Kg, porsi latihan juga ditambah dengan stap tunggang dan canter pendek di lapangan yang lebih lebar.

Baru umur 24 bulan latihan bisa ditambah dengan galop (congklang) di lapangan panjang jarak beberapa ratus meter saja. Latihan rutin cukup stap tunggang atau draf dan canter pendek. Sedangkan galop cukup seminggu sekali. Pada umur 2 tahun lebih bisa diikutkan dalam lomba Pacuan Kuda pada kelas "Pemula Perdana" dengan jarak pendek (600M). Namun tidak terlalu sering ikut lomba untuk menghindari resiko. Kuda muda tulang dan ototnya belum sekuat kuda dewasa. Napas juga masih pendek. Banyak terjadi kuda muda yang dipaksakan ikut lomba mengalami cidera otot punggung, bahu dan kaki, bahkan lepas persendian dsb. Langkah kuda muda juga belum stabil kadang berganti langkah di tikungan yang berakibat kuda terjatuh.

Masa istirahat kuda harus diperhatikan. Jangan memaksakan kuda untuk berlatih terus-menerus pada beberapa seri lomba yang berututan. Selain hasilnya tidak optimum kuda juga akan cepat menurun performanya bahkan jatuh sakit. Kalau kuda sudah jadi, maka jadwal latihan diatur sedemikian rupa sehingga kuda memiliki masa istirahat dan perawatan cukup. Terlalu banyak latihan akan mengalami kelelahan otot, napsu makan menurun dsb. Selamat melatih kuda kesayangan anda /Bpras/

Perawatan Kuda Sehari-hari

Merawat kuda bukanlah sesuatu hal yang mudah, layaknya seperti merawat seorang anak. Anda harus menyadari kebutuhan dasar kuda seperti makan, minum, istirahat dan tidur. Kuda juga membutuhkan situasi tenang dan sejuk seperti kita manusia. Di alam bebas kuda bisa mencari sendiri situasi dan kebutuhan nya namun di dalam kandang kitalah yang harus mencarikan untuknya. Apalagi bila kuda anda sakit, dia tidak meminta anda mengerti kondisi sakitnya, namun kitalah sang perawat yang harus memahami bahwa kuda sedang tidak dalam kondisi fit. Seorang perawat kuda professional mengerti bagaimana kondisi kuda nya saat itu. Perawatan kuda sehari-hari meliputi kesehatan dan makanan. Ada banyak dokumentasi tentang hal ini salah satunya kunjungi site ini .

Kesehatan:

Kandang kuda berkukuran 3 x 4M dengan lantai beralas serbuk gergaji atau rumput kering (jerami).Sedapat mungkin mendapatkan sinar matahari pagi. Kuda dikeluarkan dari kandang sehari dua kali yaitu pada pagi hari jam 07.00 sampai jam 09.00, kemudian jam 16.00 sampai jam 17.00. Setiap pagi kuda dibersihkan bulunya dengan sikat dan sisir. Kuku kuda dibersihkan dari tanah yang menempel dll. kuda diajak berjalan-jalan sepanjang minimum 2 KM untuk kuda pacu, kegiatan ini disebut dengan "Stap" agar aliran darah lancar dan otot-ototpun meregang. Setelah beristirahat sejenak dan keringatnya kering, kuda terus dimandikan agar bersih dari kotoran. Bersihkan kuda seluruh tubuhnya dengan air termasuk alat sekresi serta kelaminnya. Setelah dimandikan, Kuda dijemur sampai bulu-bulunya kering benar.

Setelah itu dimasukkan dalam kandangnya. Didalam kandang kuda diperintahkan untuk "buang air" sebelum diberi makanan rumput dan ransum. Selama kuda berada diluar kandang, kandang dibersihkan dari kotoran. Kotoran dibuang di tempat yang sudah disediakan untuk kemudian dipakai sebagai bahan kompos, pupuk kandang. Pada sore hari, kuda cukup disikat agar bulu-bulu tua rontok, jangan dimandikan karena akan susah kering diwaktu sore hari. Lakukan aktivitas seperti dipagi hari meliputi: stap dan kebersihan kandang. Masukkan kedalam kandang dan ulangi lagi perintah "buang air" sebelum kuda diberi rumput dan ransum.

Anda bisa mengamati kegiatan ini secara rutine, bila ada perubahan tingkah laku kuda tersebut, sang perawat akan cepat mengetahuinya bahwa kuda sedang ada masalah dengan kesehatannya. Ancaman yang paling serius terhadap kuda bila kuda menderita sakit perut akibat gangguan pencernakan atau sebab lain. Yang biasa disebut KOLIK (Cholic). Untuk informasi tentang penyakit yang menjadi momok orang kuda bisa dilihat disini.

Selain perawatan kesehatan badan kuda juga memerlukan perawatan kaki dan kuku-kukunya. Bagi seekor kuda, kakinya adalah nyawa keduanya. Karena bila salah satu kaki kuda bermasalah, maka hampir pasti kuda tak akan bermanfaat lagi sampai kaki tersebut sembuh. Di alam bebas kaki kuda dipakai untuk melarikan diri dari serangan predator, manusia membutuhkan kuda karena tenaganya. Kalau salah satu kakinya bermasalah maka hampir pasti predator akan memangsanya atau manusia akan membuangnya. Sangat tidak adil ya ! Namun itu kenyataannya. Oleh karena itu perawatan kaki dan kuku menjadi hal yang penting dilakukan.

Makanan Kuda:

Makanan yang sehat bagi seekor kuda apabila memenuhi kebutuhan badan sang kuda: karbohidrat, protein, air, vitamin dll. Oleh karena itu makanan yang kita berikan harus mengandung unsur-unsur kebutuhan primer sang kuda. Anda juga bisa lihat dokumentasi di site ini .

Untuk memenuhi kebutuhan pokok makanan kuda bisa diberikan: 1. Rumput hijau atau rumput kering yang bersih tidak berjamur 2. Bren dari biji gandum 3. Bekatul padi yang berserat 4. Biji jagung kering yang sudah digiling 5. Biji kacang hijau yang sudah lunak (direndam) 6. Air bersih.

Komposisi per ransum: Total bobot makanan per hari seekor kuda adalah 0.75 Kg untuk setiap 50 Kg berat badannya. Sehingga kalau bobot kuda anda 400 Kg, maka dia membutuhkan makanan seberat 6 Kg/hari.

Komposisi makanannya dengan takaran mempergunakan gayung air (dari plastik) yaitu 2 bagian (2 gayung) Bren gandum, 2 bagian bekatul dan 1/2 bagian biji jagung giling. Tambahkan biji kacang hijau yang sudah direndam satu malam agar lunak. Tambahkan garam dapur 1 sendok makan, tambahkan calsium mineral 1 sendok makan. Tambahkan air secukuponya supaya makanan basah dan aduk rata sebelum disajikan. Selalu sediakan satu ember air bersih didepan kandang sehingga kuda bisa meminumnya sesuai kebutuhannya. Kuda membutuhkan air minum sekitar 35 liter per hari.

Ransum diberikan tiga kali sehari yaitu pada jam 09.00 pagi, Jam 15.00 sore serta jam 20.30 malam. Lakukan ini tepat waktu untuk menghindari KOLIK.

Rumput pilihan diberikan setiap 1 jam sekali agar kuda selalu terisi perutnya dengan jumlah sedikit-sedikit. Rumput yang disukai kuda adalah jenis alfa-alfa atau timoti. Orang jawa biasanya menyebutnya dengan rumput "grinting". Batang rumput terasa manis kalau kita gigit. Bila kuda anda sedang bekerja berat seperti masa pacuan atau kerja yang lain, maka jumlah bekatul bisa dikurangi dan diganti dengan "oats" atau makanan kuda dalam kemasan yang sudah diperkaya dengan vitamin serta makanan berenergi. Anda bisa membelinya di toko makanan kuda terdekat. Karena makanan ini diimport dari luar maka harganya bisa mencapai Rp. 5000,-/kg.

Namun bila kuda anda tidak dalam masa bekerja keras, makanan alami lokal sudah cukup baik untuk menjaga kondisi badannya. Secara tradisional orang-orang jawa dan lainnya memiliki resep yang cukup baik pula untuk mempertahankan kondisi sang kuda, mereka mempergunakan bahan jamu-jamuan seperti telor ayam, madu lebah serta ramuan lainnya.

ISTIRAHAT:

Kuda sangat membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Untuk itu sang perawat ataupun pelatih kuda harus membuat jadwal kapan kuda berlatih dan kapan kuda beristirahat. Hal ini perlu dilksanakan secara disiplin untuk menjaga kesehatannya serta emosinya. /Bpras FSI/

 

Menunggang Kuda Dengan Aman

Oleh: Bung Pras FSI, copyright: Bung Pras Forum Sandalwood Indonesia (FSI)

Bila anak anda mulai merengek minta naik seekor kuda baik di tempat latihan ataupun ditempat rekreasi, apa yang a da dibenak anda sebagai orang tua? Hampir yakin pasti rasa ketakutan dan cemas ada dihati anda. Hal itu wajar karena kuda adalah binatang besar dan memiliki naluri liar. Namun jangan biarkan perasaan cemas anda itu terus berkecamuk. Kenalilah hal-hal yang paling penting sebelum anda melepas anak anda dipunggung kuda.

Harap diingat bahwa cara yang terbaik untuk anak anda mulai belajar menaiki seekor kuda adalah di sebuah "sekolah berkuda" atau di sebuah "stable" karena disana bersarang orang-orang kuda yang terlatih yang sehari-hari bergelut dengan binatang besar yang sangat manis ini. Sekolah berkuda mengajarkan teori dan praktik tata cara menunggang kuda dengan benar dan aman. Sedangkan sebuah "stable" memberikan pelajaran langsung tentang perawatan kuda dan sebagainya namun tidak secara explisit seperti sebuah "sekolah berkuda".

Sekolah berkuda tidak banyak di Indonesia, namun stable bisa ditemuai di beberapa daerah dekat dengan anda. Sebuah stable biasanya juga merupakan sebuah club berkuda skala kecil karena disana berkumpul anak-anak penggemar kuda yang bekerja mulai merawat kuda dan melatih kuda sehari-hari. Ada pelatih kuda yang mengatur jadual latihan kuda dan ada jockey profesional yang bertugas sebagai penunggang dalam lomba dan juga ada perawat atau disebut "groom" yang sehari-hari merawat dan memberi rangsum kuda. Ada "riding boy" sebagai penunggang saat latihan bagi kuda, Seorang manager mengatur management "stable" agar tetap eksis.

Keamanan dan keselamatan adalah hal utama dan pertama yang harus diperhatikan bagi setiap orang kuda. Tidak hanya saat menunggang kuda namun dimulai dari saat anda mendekati seekor kuda, merawat kuda dsb. Seorang penunggang kuda harus paham benar soal memilih peralatan tunggang yang baik, dan juga posisi serta hal-hal yang harus dilakukan diatas punggung kuda. Pakaian berkuda dan pelindung keselamatan standard seperti helmet, sepatu dan peralatan-peralatan lain. Hindari memakai perhiasan berharga dalam menunggang kuda karena toh perhiasan anda tidak akan menarik untuk dilihat lagi bila sudah di atas punggung kuda. Kuda memiliki naluri yang tinggi bila dirasa ada bahaya mengacamnya. Pertahanan yang paling tangguh bagi seekor kuda saat ada bahaya mengancam adalah lari sekencang-kencangnya. Kedua menyepak kebelakang atau menggigit dan menggumul lawan. Oleh karena itu untuk menghindari hal- hal yang membahayakan seperti diatas perlu dilakukan sbb:

1. Pilihlah kuda yang sudah jinak dan perangainya baik. Kuda liar membutuhkan waktu untuk dijinakkan oleh para ahli kuda, kuda muda belia butuh waktu untuk dilatih akrab dengan manusia. Namun kuda yang berperangai buruk sangat sulit untuk dirubah, kuda seperti ini harus kita hindari.

2. Mendekati seekor kuda paling baik dari arah depan kuda, samping kanan atau kiri bagian depan kuda sehingga kuda mengerti bahwa ada "teman baru" mendekat. Jangan menyentuh kuda di bagian belakang, meskipun anda tertarik dengan ekornya yang menjuntai indah, karena secara reflek kuda akan menendang ke belakang. Sapalah dan sentuhlah bagian kepala, hidung dan kuda akan merespond dengan ramah bila dia berkenan. Namun memegang kuda juga harus hati-hati karena ada kuda yang suka jail mencubit dengan bibirnya, atau mencium anda dengan diam-diam.

3. Selalu waspada mendekati seekor kuda karena mungkin temperament hari itu sedang tidak "mood", emosi kuda kelihatan dari gerak telinga, mata, dan gerak tubuhnya. Bila telinga ditarik ke belakang, tanda kuda sedang tidak berkenan diajak bergurau. Mungkin kuda sudah capai dan lapar atau haus atau ada sesuatu yang sedang dia pikirkan.

4. Kenali dengan baik bahasa komunikasi antara penunggang dengan kuda. Penunggang kuda mempergunakan alat yang disebut "bite", atau dalam bahasa jawa "cakotan" atau disebut juga dengan "kendali" yaitu sebuah besi stainless yang dipasang dimulut seekor kuda yaitu tepatnya dibelakang gigi kuda. Kendali diikat dengan tali "lis" kanan dan kiri dan diujung nya menjadi pegangan penunggang untuk memberi kode "maju","mundur", "berhenti", belok "kanan" dan "kiri", "lari" dan "jalan" serta "variasi jalan" lainnya. Disinilah anda membutuhkan seorang pelatih menunggang kuda, bagaimana anda berkomunikasi dengan kuda saat anda sudah diatas punggung kuda.

5. Bila anda memutuskan untuk menaikinya, periksalah peralatan sebelum anda memasangnya. Atau suruhlah orang yang sudah ahli menangani peralatan kuda. Pastikan peralatan seperti lebrak (alas), saddle, sanggurdi, peralatan kendali dan tali lis terpasang dengan benar dan dalam kondisi baik.

6. Bila anda sudah diatas punggung kuda, konsentrasilah menunggang dan jangan sedikitpun bergurau karena kuda sangat sensitif dengan: perubahan tali lis yang anda pegang, perubahan lingkungan yang dilewati, misalkan terkejut, ada ular didepannya, benda jatuh (dedaunan, plastik dsb.) Banyak ceritera tentang kuda terkejut dan lari kencang dengan penunggangnya. Bila ini terjadi tahan tali lis sambil kaki terus menjepit untuk mempertahankan keseimbangan tubuh anda. Rambut leher kuda (suri) bisa menjadi pegangan bila perlu. Kuda akan perlahan berhenti dengan sendirinya.

8. Kuda sangat senang bila anda ajak kuda berbicara sambil berjalan. Meskipun respondnya tidak lewat suara namun dari gerakan-gerakan kepala, ekor, dan leher kelihatan kuda anda menikmati jalan-jalan anda atau tidak.

7. Kuda adalah binatang seperti "homosapien=manusia" juga, yang punya batas kemampuan, Jangan paksakan kuda terus berjalan tanpa henti seperti juga manusia membutuhkan istirahat, makan dan minum. Kegagalan kita memahami hal ini kuda akan berlaku liar menyebabkan anda terjatuh dan cedera. Salam /Bpras FSI/

Selamat menikmati /FSI/


Memilih Kuda Pacu Bagi Pemula:

Oleh: Bpras FSI,

Ada beberapa tahap memilih kuda yang baik untuk kuda pacu. Antara lain apa yang oleh banyak orang kuda disebut dengan "Konstruksi" atau "Conformation". Yaitu menilai berdasarkan bentuk phisik baik pertulangannya, kesesuaian ukuran antara tinggi, panjang, lebar dada, bentuk kepala, telinga, leher dsb. Selain itu ada pula evaluasi kuda dari sudut garis keturunan (pedigre) baik sang ayah maupun sang induknya. Hal ini karena sifat-sifat genetika sebagai kuda pacu diturunkan dari pejantan serta indukan. Untuk itu dokumen perkawinan dan kelahiran kuda yang bersangkutan harus ada. Hal-hal lain yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah umur dan kesehatan si kuda. Misalkan apakah sudah tua atau masih muda. Apakah tulang-tulangnya, napasnya dan lain-lainnya masih cukup sehat dan kuat untuk berpacu? Kuda pacu dikatakan muda bila umurnya sudah mencapai 2 tahun. Dan dikatakan tua bila usianya menjelang 8 tahun. Puncak prestasi kuda pacu biasanya dicapai pada umur 4 - 5 tahun. Setiap suku bangsa memiliki budaya sendiri dalam memilih kuda. Maklum bahwa kuda adalah binatang besar dan memiliki instink sebagai binatang liar. Bagi orang Jawa ada istilah "ciri-mati" yang menguraikan watak kuda berdasarkan tanda-tanda phisik yang ada. Ada kuda yang baik untuk dipelihara dan ada kuda yang tidak baik untuk dipelihara bagi seseorang. /Bpras FSI/


Kejurnas Pacuan Kuda PP. Pordasi ke 47 tahun 2013. Undangan umum, Ketentuan lomba, peraturan dan schedule pelaksanaan Serie I, Serie II. Undangan dapat di "download" di FSI. Silahkan ikuti link berikut ini
Undangan umum untuk Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Tripple Crown 2011. Ketentuan lomba, peraturan dan schedule pelaksanaan Serie I, Serie II. Undangan dapat di "download" di FSI. Silahkan ikuti link berikut ini
Pengurus Provinsi Pordasi Jawa Tengah Masa Bhakti 2010 - 2014 baru saja dilantik oleh PP Pordasi pada tanggal 7 Agustus 2010 di Lapangan Pacuan Kuda Tegalwaton. Bertepatan dalam acara itu digelar Event Pacuan Kuda Tingkat Nasional Pordasi Jateng Cup 2010 yang diikuti oleh kontingen dari: Jabar, Jatim, DIY, Kalsel, Sumbar serta Jateng sendiri. Mempertandingkan 18 kelas termasuk kuda-kuda tradisional Sandel serta Lokal A dan Lokal B. Pada acara pacuan itu juga diselingi exhibishi dari Komisi Equestrian Indonesia -ECI-PORDASI- di arena Pacuan Kuda Tegalwaton serta Motocross.

Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Pordasi ke 44 Seri 1 2010 bertepatan pula dengan Indonesian Derby 2010 serta Tripple Crown Series leg 3 2010 baru saja berakhir 25 Juli 2010. Mengantarkan kuda Cahaya Nagari (Bendang STable), Sumatra Barat sebagai juara Derby 2010 serta Kuda Tolak Balak (Tombo Ati Stable) Jawa Tengah sebagai Juara Klas Remaja 2010 (Derby Kecil). Yang patut dicatat dalam event ini adalah keikutsertaan kontingen Kalimantan Selatan yang pertama kali dalam perhelatan olah raga tingkatnasioal pacuan kuda baik pada kelas-kelas pemula mupun kelas Derby dan Remaja. Kejurnas Pacuan Kuda Pordasi ke 44 ini diikuti oleh kontingen-kontingen DKI, JABAR, JATENG, JATIM, SULUT, SUMBAR, RIAU, KALSEL serta DIY. Akhirnya Kontingen JABAR berhasil keluar sebagai JUARA UMUM seri 1. Kejurnas Pacuan Kuda Pordasi ke 44 Seri 2 2010 akan berlangsung di Gelanggang Pacuan Kuda Sawahlunto SUMBAR pada bulan Oktober 2010.
Pengda Pordasi Kalimantan Selatan telah berdiri. Menggebrak dunia pacuan kuda Indonesia dengan mengikuti Kejurnas Pacuan Kuda sepanjang tahun 2010. Bekerjasama dengan Komisi Pacuan PP Pordasi menggelar Kejuaraan Pacuan Kuda Nasional Binuang Derby -2010 di Pulomas Jakarta pada 20 Juni 2010 yang berlangsung sangat sukses.

BERITA TERHANGAT
Tegalwaton Cup Ke V Salatiga 24 Agustus 2014. download disini
Hasil Drawing Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 Babak Penyisihan 6 Juli 2014. download disini
Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 dan 2 2014. download Undangan Umum

Pacuan Kuda Minang Derby 2014 dan piala Tiga Mahkota Seri 2 2014, download Hasil Drawing
Pacuan Kuda Pra-PON XIX, Bupati Bantul Cup ke IV 2014
Undangan Kejuaraan Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2014
Laporan Hasil Pacuan JATENG DERBY 2014
Hasil Drawing JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2014
Undangan JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2013
Hasil Drawing HB Cup X ke V 2013 2-3 November 2013
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Sumpah Pemuda Cup 2013 27 Oktober 2013, Pulomas Race Course JAKARTA TIMUR
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Hamengku Buwono CUP V 2013 3 November 2013, Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Paku Alam I 2013 29 September 2013, Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejurnas PP. Pordasi ke 47 Seri 2 2013 15 September 2013, Tegalwaton
Hasil Drawing Babak Final Kejurnas PP. Pordasi Seri 1 2013 7 Juli 2013
Hasil Akhir Kejuaraan Pacuan Kuda Daerah Tompaso Sulawesi Utara 14 Juni 2013
Hasil Drawing babak penyisihan Kejurnas Seri 1 - Indonesian Derby 2013.
UNDANGAN UMUM KEJURNAS PP. PORDASI ke 47 Tahun 2013, FORMULIR PENDAFTARAN dll.
HASIL PACUAN KUDA PIALA TIGA MAHKOTA - MINANG DERBY 2013
Undangan pacuan Kuda Minang Derby - Piala Tiga Mahkota Seri 2 2013
Hasil Drawing Pertiwi CUP-Madura Derby 2013
Undangan Pacuan Kuda Pertiwi Cup - Madura Derby 2013
Hasil Drawing Taliabo Derby, Piala Tiga Mahkota 2013
Suramadu Derby 2013, Hasil Pacuan Selengkapnya
Ekspedisi Kuda Khatulistiwa Segera Melintas
Hasil Pacuan Kuda PIALA Pangdam Jaya 2012, Pulomas Jakarta
Pacuan Kuda PIALA GUBERNUR SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda HUT MINAHASA ke 584 SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda BHAYANGKARA CUP SULUT 2012, MAESA TOMPASO!
Pacuan Kuda Istimewa Hamengku Buwono X Cup IV 2012, Bantul!
Pacu Kuda Bukik Ambacang 13 Oktober 2012 Bukittinggi Sumbar!
HB X CUP IV-2012, BUKU RACE ACARA 11 November 2012 downloadable here !!!
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejurnas Ke 46 Seri 2 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Turangga Jaya CUP IV BOROBUDUR, 22 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 Babak Final 2012, 30 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Tegalwaton 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Bupati Kebumen 2012
SERI 2 2012 SURAT EDARAN
Marhaban ya Seri II 2012
UNDANGAN PACUAN KUDA RAMADHAN CUP 2012
FSI Dikunjungi Oleh 100 Ribu HIT
Hasil Akhir Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI 46 Indonesian Derby 2012
LIVE FROM Kejurnas Seri I Pulomas
HASIL DRAWING BABAK FINAL KEJURNAS PORDASI ke 46 SERI 1 2012
ISSUE KESELAMATAN DALAM OLAH RAGA BERKUDA
Hasil Pacuan Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Drawing Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Akhir Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Undangan Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Hasil Pacuan Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Drawing Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Akhir Pertiwi Cup 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Bupati Bantul Cup II 2012
Hasil Akhir Pacu Kuda Payakumbuh - 50 Kota 2012
Piala Bupati Bantul 2012, Persiapan Akhir Kuda-Kuda
Piala Tiga Mahkota dan Taliabo Derby 2012, Download Undangan Resmi disini
Hasil Sawahlunto Derby 2011
Minang Derby 2012 sudah diambang pintu. Download Undangan Resmi disini
Hasil Pacuan Kuda Galuh Cup IX Pantai Indah Legok Jawa, Ciamis 12/12/2011 - 1/1/2012
OLD AND NEW Horse Racing, Bupati Ciamis CUP, Legok Jawa, Pangandaran, 31/12 - 1/1 2011
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejuaraan Daerah "Minahasa Pacu Kuda 2011, 26 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Hasil Pacuan Kuda HB Cup 3 2011, 13 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Selamat Atas Terpilihnya H. Eddy Saddak sewbagai Ketua PP. Pordasi 2011-2015
Hasil Akhir Babak Penyisihan Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. 10 Juli 2011.
Barrier Draw, Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. Babak Penyisihan 10 Juli 2011. Download
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kapolri Cup - Jakarta Derby 2011
Barrier Draw, Kapolri Cup-Jakarta Derby 2011. Download
Woman Rider in Champion's Cup 2'nd Series 2011, Horse Racing, Pulomas 22 2011
Undangan Resmi Piala KAPOLRI 2011-Jakarta Derby 2011, Pulomas 19 Juni 2011
Inilah Hasil Drawing Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Kasad 2011, Tanjung Bastian, Kab. Timor Tengah Utara (TTU), NTT

Pertiwi Cup 2011, Arcamanik Bandung. Download Undangan Pacuan Kuda Disini

Sutan Agogo (BHM-Kalsel) Kembali Berjaya di Derby Champion Cup Seri I Jarak 1200 M

Torona Sakti, Hancurkan Supremasi Blessing BMW di 1600

Kumpulan berita pendek,Feb-2011

Download, Hasil Drawing Minang Derby 2011

Download, Hasil Akhir Payakumbuh Seizoen 2011

Minang Derby 2011, makin dekat

FSI berulang tahun,memasuki usia ke 4, spammer block FSI server a>

Asian Racing Federation, ternyata Indonesia sudah pernah bergabung tahun 1961

Kumpulan Indonesian Horse Sport News 2010

Horse Sport News 2010

INDONESIA DERBY UPDATES, FSI 2014 Edition

Oleh Editor Utama FSI: Bpras
By Chief FSI's Editor: Bpras

Derby Indonesia updates FSI Edition 2014, baca update review Derby Indonesia 2014, para penantang Indonesia Derby 2014 yang akan segera datang. Pernak pernik Derby Indonesia, Lihat profile detail kuda-kuda Derby dan Remaja di sini! Indonesian Derby Updates FSI 2014 Edition. Update Review monthly, Indonesia Derby contenders 2014 will be held shortly, anything about Indonesian Derby madness, click detail profiles in here!

Posting Terkini

RAMALAN CUACA / WEATHER FORECAST

Pustaka/Refference

DISCLAIMER

PENCURIAN TULISAN/PLAGIATISME, FSI menentang plagiatism serta berbagai pencurian karya ilmiah dalam bentuk apapun. "Copy and paste" dari tulisan orang lain sangat tidak bermartabat kecuali dengan seijin dan memberi appresiasi kepada pemilik sumber atau penulisnya. Copy dan paste tulisan dari artikel di Forum-Sandalwood Indonesia tidak diperkenankan tanpa seijin tertulis dari FSI. Citasi dari artikel pada Forum Sandalwood Indonesia bisa dilakukan dengan memberi kredit pada penulisnya maupun situs asalnya (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia, Bung Pras FSI

FSI against plagiatism at any reasons and any forms. Copy and Paste from other article is unvaluable attitude except by giving appreciation to the original writter/writters or original sources. Copy and paste from any article in this Forum Sandalwood Indonesia is prohibited without written permission from FSI. Citation can be executed by giving credit to the writter and attaching the source name where you cite (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia. Bung Pras FSI

CAPTCHA
Maaf: Mohon jawab pertanyaan ini untuk Manusia Beneran. Sorry: This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
4 + 11 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Show Room Kuda

HORSE SUPPLY / PERLENGKAPAN KUDA

JASA AHLI IT, SERVER, WEB, SECURITY DLL

IT Services

SPONSOR LINK

Computer, Master Clock, Tower Clock, CCTV, Radio, http://pt-srikandi.co.id


Iklan Baris: jual kuda, alat kuda, gatget, dll
Iklan Baris/Advertisement

COUNTRY RIDE REPORT

TANJUNG BASTIAN HORSE RACING TRACK

Pearls From The East, Find The Beauty of The Beach in Tanjung Bastian. Located far in the east of Indonesia in P. Timor facing north to Savu Sea. The Horse Racing Track is just a minutes away from the white and bright sand dunes. At the south is hundred meter high coral cliff hosts of wild monkeys and birds. The horse racing treack is 1000 M length and 14 M width flat horse racing is held twice a year with special bareback and barefoot horses. Local Timorese pony and childrent jockeys is the most famous horse racing event in this area of Indonesia. Read more detail in here

PAMERAN DAN BURSA KUDA 2009

Lenggok Kuda di Catwalk pagi itu begitu indahnya bagaikan seorang model berhiaskan bunga di telinga dan pita warna-warni. Moment yang jarang sekali ini terjadi di Pameran Dan Bursa Kuda (PAMBUKA) yang diadakan dalam rangkaian Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI Serie I 2009. Berita selanjutnya klick disini.

Visitors
Locations of visitors to this page