You are hereOPINI/OPINION / Membangun Horse Sport sebagai Entertainment Sport

Membangun Horse Sport sebagai Entertainment Sport


By pras - Posted on 03 September 2009

MEMBANGUN INDUSTRI OLAH RAGA BERKUDA

Membangun Industri hiburan berbasis olahraga Amerika lah jagonya. Sebut saja olahraga yang sederhana seperti atletik perorangan, Amerika bisa membuatnya menjadi sebuah industri. Bagaimana resepnya, ini menjadi pertanyaan besar buat saya.

Industri olah raga berkuda memiliki potensi yang besar bila bisa digarap menjadi sebuah industri hiburan berbasis olah raga. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat untuk melihat olah raga pacuan kuda dimanapun diadakan. Barangkali hanya di kota Jakarta sajalah animo ini menjadi sangat lemah. Mungkin masyarakat kota Jakarta sudah terlalu capai disibukkan dengan hal-hal rutin sehari-hari yang menyita banyak waktu dan tenaga: bangun tidur, berangkat kerja, bekerja, pulang, dan tidur lagi. Oleh karena itu event-event besar pacuan kuda di Gelanggang Pacuan Kuda Pulomas justru dipenuhi masyarakat dari luar kota. Bukan dari Jakarta sendiri. Fenomena seperti ini tidak berlaku di daerah-daerah. Kadang penonton yang hadir melimpah ruah namun jumlah race yang digelar sangat kurang, sehingga membuat penonton sangat kecewa.

Lalu bagaimana kita seharusnya membangun bisnis pacuan kuda yang menguntungkan bagi semua pihak (stake holder): panitia penyelenggara, penonton, pemerintah dan juga peternak serta pekerja-pekerja disektor kuda sport ini seperti perawat, jockey, pelatih, veteriner dll.

Melihat dari dekat profile penonton olah raga keras ini adalah kalangan menengah kebawah. Sedangkan pemilik kuda-kuda sport ini sebagian besar berasal dari kalangan menengah keatas. Kedua kelas masyarakat ini berbaur dilapangan dalam kegembiraan mendukung kuda-kuda mereka berpacu. Pacuan kuda juga sangat erat dengan budaya lokal. Daerah-daerah pertanian adalah daerah dimana masyarakatnya sangat mengagumi berbagai tontonan massal seperti halnya pacuan kuda dll. Dari sejarah masuknya kuda-kuda ke tanah air berasal muasal  dari kebutuhan masyarakat akan bantuan hewan berkuku tunggal ini untuk tujuan angkutan pertanian, bekerja di landang pertanian dan alat transportasi kala itu. Jadi perkembangannya menjadi olah raga berkuda sangatlah alamiah.

Pada masyarakat modern seperti sekarang ini, olah raga selain menjadi kegiatan juga merupakan dunia bisnis yang dapat diandalkan sebagai tempat mencari nafkah bagi para stake holder. Oleh karena itulah maka seyogyanya dunia bisnis olah raga berkuda betul-betul bisa digarap dengan baik dan dikembangangkan untuk masa depan yang lebih baik.

TRACK PACU
Track pacu adalah infrastruktur utama dalam rantai industri pacuan kuda. Besar-kecilnya track pacu disuatu daerah akan menjadi penentu kualitas kuda-kuda pacu yang akan dikembangkan para peternak/breeder dikemudian hari. Pordasi telah membuat aturan bahwa standard nasional adalah lebar 16 M dan panjang track minimum 1200M.

Persoalannya muncul dimanakah kita akan membangun sebuah gelanggang pacuan kuda yang bisa diharapkan berkembang dengan baik, baik itu program pacuannya maupun  secara bisnis bisa mendapatkan devisa bagi daerah tersebut. Sebuah gelanggang pacuan kuda yang megah dan baik akan menjadi tidak baik bila program pacuannya tidak effektif dan panitianya selalu merugi. Namun alangkah gembiranya kita mendapati jumlah penonton yang melimpah dengan lapangan pacuan yang sederhana dan program pacuan bisa berjalan dengan rutin.

Hal-hal diatas mestinya perlu dikaji dengan seksama oleh para penggemar kuda dan PORDASI dalam menempatkan sebuah gelanggang pacuan kuda permanen dimana unsur-unsur bisnis dan penontorn serta kuda beserta pemiliknya menjadi hal-hal yang harus diutamakan. Tanpa mempertimbangkan-hal-hal diatas niscaya masa depan gelanggang pacuan kuda itu akan menjadi sia-sia.

Daerah-daerah pertanian memiliki potensi besar menjadi arena pacuan kuda yang sangat bergengsi dikemudian hari. Pemikiran ini berkembang dengan melihat fakta bahwa penggemar kuda fanatik berada di daerah-daerah pertanian. Kedekatan dengan arena pacuan kuda itulah yang mendorong masyarakat berbondong-bondong menonton event pacuan kuda yang mereka dambakan. Dengan fanatisme inilah maka olahraga berkuda akan bisa bertahan lama dengan pengawalan dari masyarakat sekitarnya. Barangkali kota Lexinton, Kentucky bisa menjadi cermin dimana American Derby bisa bertahan sampai 125 tahun lebih. Dan Lexinton berada di daerah pertanian yang subur di tengah benua Amerika. Melbourne Australia juga berada didaerah subur bagian selatan benua Australia, disinilah beberapa track pacuan kuda tersohor didunia seperti Caulfield Racecouse, Flemmington Racecourse berada.

Lalu kita tengok bagaimana Gelanggang Pacuan Kuda Pulomas Jakarta, akankah bisa bertahan seperti yang kita harapkan? Tengok saja area penontonnya. Gelanggang ini tidak menyediakan tempat bagi penonton kelas bawah yang jumlahnya ribuan. Tribun yang ada hanya memuat maksimum seribu sampai 2000 orang saja. Selebihnya tidak ada lokasi kecuali dipinggir track yang sebentar lagi akan tergusur oleh bangunan lain. Dari sudut ini saja bisa dilihat bahwa Pulomas didesign sangat exclusive untuk penonton golongan atas saja. Golongan ini jumlahnya hanya berapa, sangat terbatas. Masyalah publikasi agenda pacuan kuda di Pulomas juga belum digarap maksimum apalagi kemasan sebagai entertainment sport buat masyarakat luas sangat jauh dari sasaran kegiatan bisnis. Ditambah dengan animo masyarakat Jakarta yang tidak apresiatif terhadap olah raga berkuda. Hal-hal seperi ini akan semakin membuat masa depat gelanggang yang dibuat pada tahun 1970 ini akan menuju kesia-siaan.

LAPANGAN PACUAN KUDA DAERAH

Daerah-daerah yang sekarang ini aktif mengadakan pacuan kuda meskipun belum memiliki arena yang memenuhi syarat sebagai track pacuan kuda standard nasional bisa saja melakukan kajian dengan lebih detil dan teliti dengan perhitungan-perhitungan yang sangat seksama untuk membangun Gelanggang Pacuan kuda yang bisa dikembangkan kedepan menjadi ajang Pacuan Kuda nasional yang besar. Persyaratan pendukung seperti: Animo penonton, suhu udara yang mendukung buat kuda,  lokasi, transportasi dll menjadi hal yang perlu dipikirkan. Bagi para perternak dan pekerja di sektor ini, lokasi barangkali bukan menjadi masyalah besar, namun ketersediaan air bersih sehat serta rumput sebagai pakan kuda menjadi hal yang sangat dominan diperhitingkan.

PENEGAKKAN ATURAN DENGAN KONSISTENT

Pordasi telah memiliki cabang-cabang diberbagai pelosok tanah air. Juga telah memiliki peraturan organisasi dan lomba yang cukup lengkap sebagai dasar pengembangan pacuan kuda di Indonesia selanjutnya. Yang harus dilakukan sekarang adalah penegakan aturan baik itu untuk kejuaraan daerah maupun nasional. Serta pembinaan organisasi secara merata. Selain itu aturan yang hanya melingkupi Pacuan Kuda Poni perlu dikembangkan lagi dengan mencakup Pacuan Kuda Thoroughbred serta Pacuan Kuda Lokal. Pacuan Kuda Lokal meskipun kecil namun bisa menggairahkan dunia pacuan kuda di tanah air karena segmen ini penggemarnya sangat besar. Sedangkan Pacuan Kuda Thoroughbred adalah pacuan menuju gerbang ke Internasional sehingga kedepan kita bisa ikut andil di arena yang lebih luas. Dengan hanya membatasi pada Kuda Poni saja maka kita terasa terkungkung pada dunia kita yang sempit padahal era digital sekarang ini membuat dunia kita tak terbatas (borderless).

PETERNAK KUDA SPORT

Pembinaan terhadap peternak kuda sport perlu dilakukan lewat organisasi PORDASI bekerjasama dengan DepTan serta Perguruan Tinggi secara berkelanjutan. Para petani sebagai partner organisasi olahraga berkuda perlu terus-menerus disupply dengan informasi terkini perkembangan kuda pacu nasional. Informasi pejantan dan program perawatan dan kesehatan kuda menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh para peternak, disamping itu juga keberadaan para dokter hewan spesialis kuda sport yang saat ini masih sangat terbatas perlu didorong semakin diperbanyak dan ditingkatkan kualitasnya. Paling tidak disetiap kabupaten penghasil kuda sport minimum ada seorang dokter spesialis kuda sport yang bisa diandalkan.

Itulah sedikit pemikiran saya tentang mengembangkan industri pacuan kuda dan olah raga berkuda di Indonesia sehingga kedepan olah raga ini bisa berkembang dan memberikan konstribusi ekonomi buat "stake holder"nya.

Salam /Bpras/








    




BERITA TERHANGAT
Hasil Drawing Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2016, 21 Februari 2016
Hasil Drawing Pacuan Kuda Jateng Derby 2016, 31 Januari 2016
Undangan Pacuan Kuda Jateng Derby 2016, 31 Januari 2016
Hasil Barrier Draw Piala Raja HB X 2015, 8 November 2015
Hasil Barrier Draw Kejurnas PP. Pordasi 49 Seri 1 Indonesian Derby 2015 Babak FINAL 16 Agustus 2015
Hasil Barrier Draw Kejurnas PP. Pordasi 49 Seri 1 Indonesian Derby 2015 Babak penyisian 2Agustus 2015

Peta Baru Olah Raga Berkuda Horse Racing "ANTI -DOPING

Hasil Drawing Pacuan Kuda Tingkat Nasional Minang Derby dan piala Tiga Mahkota Serie 2, 3 Mei 2015 download disini
Undangan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Minang Derby 3 Mei 2015 download disini
Hasil Akhir Pacuan Kuda Tegalwaton Cup 2014
Hasil Drawing Jateng Derby 2015, Tegalwaton 18 Januari 2015. download disini
Tegalwaton Cup Ke V Salatiga 24 Agustus 2014. download disini
Hasil Drawing Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 Babak Penyisihan 6 Juli 2014. download disini
Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 dan 2 2014. download Undangan Umum

Pacuan Kuda Minang Derby 2014 dan piala Tiga Mahkota Seri 2 2014, download Hasil Drawing
Pacuan Kuda Pra-PON XIX, Bupati Bantul Cup ke IV 2014
Undangan Kejuaraan Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2014
Laporan Hasil Pacuan JATENG DERBY 2014
Hasil Drawing JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2014
Undangan JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2013
Hasil Drawing HB Cup X ke V 2013 2-3 November 2013
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Sumpah Pemuda Cup 2013 27 Oktober 2013, Pulomas Race Course JAKARTA TIMUR
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Hamengku Buwono CUP V 2013 3 November 2013, Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Paku Alam I 2013 29 September 2013, Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejurnas PP. Pordasi ke 47 Seri 2 2013 15 September 2013, Tegalwaton
Hasil Drawing Babak Final Kejurnas PP. Pordasi Seri 1 2013 7 Juli 2013
Hasil Akhir Kejuaraan Pacuan Kuda Daerah Tompaso Sulawesi Utara 14 Juni 2013
Hasil Drawing babak penyisihan Kejurnas Seri 1 - Indonesian Derby 2013.
UNDANGAN UMUM KEJURNAS PP. PORDASI ke 47 Tahun 2013, FORMULIR PENDAFTARAN dll.
HASIL PACUAN KUDA PIALA TIGA MAHKOTA - MINANG DERBY 2013
Undangan pacuan Kuda Minang Derby - Piala Tiga Mahkota Seri 2 2013
Hasil Drawing Pertiwi CUP-Madura Derby 2013
Undangan Pacuan Kuda Pertiwi Cup - Madura Derby 2013
Hasil Drawing Taliabo Derby, Piala Tiga Mahkota 2013
Suramadu Derby 2013, Hasil Pacuan Selengkapnya
Ekspedisi Kuda Khatulistiwa Segera Melintas
Hasil Pacuan Kuda PIALA Pangdam Jaya 2012, Pulomas Jakarta
Pacuan Kuda PIALA GUBERNUR SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda HUT MINAHASA ke 584 SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda BHAYANGKARA CUP SULUT 2012, MAESA TOMPASO!
Pacuan Kuda Istimewa Hamengku Buwono X Cup IV 2012, Bantul!
Pacu Kuda Bukik Ambacang 13 Oktober 2012 Bukittinggi Sumbar!
HB X CUP IV-2012, BUKU RACE ACARA 11 November 2012 downloadable here !!!
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejurnas Ke 46 Seri 2 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Turangga Jaya CUP IV BOROBUDUR, 22 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 Babak Final 2012, 30 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Tegalwaton 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Bupati Kebumen 2012
SERI 2 2012 SURAT EDARAN
Marhaban ya Seri II 2012
UNDANGAN PACUAN KUDA RAMADHAN CUP 2012
FSI Dikunjungi Oleh 100 Ribu HIT
Hasil Akhir Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI 46 Indonesian Derby 2012
LIVE FROM Kejurnas Seri I Pulomas
HASIL DRAWING BABAK FINAL KEJURNAS PORDASI ke 46 SERI 1 2012
ISSUE KESELAMATAN DALAM OLAH RAGA BERKUDA
Hasil Pacuan Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Drawing Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Akhir Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Undangan Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Hasil Pacuan Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Drawing Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Akhir Pertiwi Cup 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Bupati Bantul Cup II 2012
Hasil Akhir Pacu Kuda Payakumbuh - 50 Kota 2012
Piala Bupati Bantul 2012, Persiapan Akhir Kuda-Kuda
Piala Tiga Mahkota dan Taliabo Derby 2012, Download Undangan Resmi disini
Hasil Sawahlunto Derby 2011
Minang Derby 2012 sudah diambang pintu. Download Undangan Resmi disini
Hasil Pacuan Kuda Galuh Cup IX Pantai Indah Legok Jawa, Ciamis 12/12/2011 - 1/1/2012
OLD AND NEW Horse Racing, Bupati Ciamis CUP, Legok Jawa, Pangandaran, 31/12 - 1/1 2011
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejuaraan Daerah "Minahasa Pacu Kuda 2011, 26 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Hasil Pacuan Kuda HB Cup 3 2011, 13 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Selamat Atas Terpilihnya H. Eddy Saddak sewbagai Ketua PP. Pordasi 2011-2015
Hasil Akhir Babak Penyisihan Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. 10 Juli 2011.
Barrier Draw, Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. Babak Penyisihan 10 Juli 2011. Download
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kapolri Cup - Jakarta Derby 2011
Barrier Draw, Kapolri Cup-Jakarta Derby 2011. Download
Woman Rider in Champion's Cup 2'nd Series 2011, Horse Racing, Pulomas 22 2011
Undangan Resmi Piala KAPOLRI 2011-Jakarta Derby 2011, Pulomas 19 Juni 2011
Inilah Hasil Drawing Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Kasad 2011, Tanjung Bastian, Kab. Timor Tengah Utara (TTU), NTT

Pertiwi Cup 2011, Arcamanik Bandung. Download Undangan Pacuan Kuda Disini

Sutan Agogo (BHM-Kalsel) Kembali Berjaya di Derby Champion Cup Seri I Jarak 1200 M

Torona Sakti, Hancurkan Supremasi Blessing BMW di 1600

Kumpulan berita pendek,Feb-2011

Download, Hasil Drawing Minang Derby 2011

Download, Hasil Akhir Payakumbuh Seizoen 2011

Minang Derby 2011, makin dekat

FSI berulang tahun,memasuki usia ke 4, spammer block FSI server a>

Asian Racing Federation, ternyata Indonesia sudah pernah bergabung tahun 1961

Kumpulan Indonesian Horse Sport News 2010

Horse Sport News 2010

INDONESIA DERBY UPDATES, FSI 2015 Edition

Oleh Editor Utama FSI: Bpras
By Chief FSI's Editor: Bpras

Derby Indonesia updates FSI Edition 2015, baca update review Derby Indonesia 2015, para penantang Indonesia Derby 2015 yang akan segera datang. Pernak pernik Derby Indonesia, Lihat profile detail kuda-kuda Derby dan Remaja di sini! Indonesian Derby Updates FSI 2015 Edition. Update Review monthly, Indonesia Derby contenders 2015 will be held shortly, anything about Indonesian Derby madness, click detail profiles in here!

Posting Terkini

RAMALAN CUACA / WEATHER FORECAST

Pustaka/Refference

DISCLAIMER

PENCURIAN TULISAN/PLAGIATISME, FSI menentang plagiatism serta berbagai pencurian karya ilmiah dalam bentuk apapun. "Copy and paste" dari tulisan orang lain sangat tidak bermartabat kecuali dengan seijin dan memberi appresiasi kepada pemilik sumber atau penulisnya. Copy dan paste tulisan dari artikel di Forum-Sandalwood Indonesia tidak diperkenankan tanpa seijin tertulis dari FSI. Citasi dari artikel pada Forum Sandalwood Indonesia bisa dilakukan dengan memberi kredit pada penulisnya maupun situs asalnya (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia, Bung Pras FSI

FSI against plagiatism at any reasons and any forms. Copy and Paste from other article is unvaluable attitude except by giving appreciation to the original writter/writters or original sources. Copy and paste from any article in this Forum Sandalwood Indonesia is prohibited without written permission from FSI. Citation can be executed by giving credit to the writter and attaching the source name where you cite (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia. Bung Pras FSI

CAPTCHA
Maaf: Mohon jawab pertanyaan ini untuk Manusia Beneran. Sorry: This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
4 + 3 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Show Room Kuda

HORSE SUPPLY / PERLENGKAPAN KUDA

JASA AHLI IT, SERVER, WEB, SECURITY DLL

IT Services

SPONSOR LINK

Computer, Master Clock, Tower Clock, CCTV, Radio, http://pt-srikandi.co.id


Iklan Baris: jual kuda, alat kuda, gatget, dll
Iklan Baris/Advertisement

COUNTRY RIDE REPORT

TANJUNG BASTIAN HORSE RACING TRACK

Pearls From The East, Find The Beauty of The Beach in Tanjung Bastian. Located far in the east of Indonesia in P. Timor facing north to Savu Sea. The Horse Racing Track is just a minutes away from the white and bright sand dunes. At the south is hundred meter high coral cliff hosts of wild monkeys and birds. The horse racing treack is 1000 M length and 14 M width flat horse racing is held twice a year with special bareback and barefoot horses. Local Timorese pony and childrent jockeys is the most famous horse racing event in this area of Indonesia. Read more detail in here

PAMERAN DAN BURSA KUDA 2009

Lenggok Kuda di Catwalk pagi itu begitu indahnya bagaikan seorang model berhiaskan bunga di telinga dan pita warna-warni. Moment yang jarang sekali ini terjadi di Pameran Dan Bursa Kuda (PAMBUKA) yang diadakan dalam rangkaian Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI Serie I 2009. Berita selanjutnya klick disini.

Previous Visitors Totals
Locations of visitors to this page