You are hereTIPs / Serie untuk Pemula: Kesalahan-Kesalahan Mendasar Pemeliharaan Kuda Sport

Serie untuk Pemula: Kesalahan-Kesalahan Mendasar Pemeliharaan Kuda Sport


By NoName - Posted on 14 January 2010



Seri Bagi Pemula

Kesalahan-Kesalahan Mendasar Pemeliharaan Kuda Bagi Pemula

Oleh: Bung Pras FSI

13 Januari 2010

http://forum-sandalwood.web.id

 

Dari ke hari penggemar kuda di tanah air khususnya kuda untuk tujuan olah raga semakin bertambah. Hal ini sungguh menggembirakan kita semua. Perkembangan ini selain bermanfaat luas bagi dunia olah raga kita, dunia kuda akan memberikan konstribusi yang positif bagi kemajuan ekonomi “stake holder” yang bergelut di sekitar dunia kuda sport pada umumnya.

Namun kemajuan dari jumlah penggila kuda baru kalau tidak diikuti dengan pendidikan bagi pemula dalam dunia berkuda maka justru akan menjadi petaka dimasa yang akan datang. Untuk itu pembinaan bagi para penggemar baru perlu dipergiat lewat berbagai cara: organisasi, pendekatan personal maupun lewat literatur. Namun minimnya literatur juga menjadi kendala. Untuk itu media online Forum Sandalwood Indonesia (FSI) ini berusaha untuk terus memberi guidance yang, meskipun kurang ilmiah barangkali, namun sedikit banyak bisa membantu kekosongan literatrur kita tentang kuda.

Dari pengamatan FSI terhadap beberapa penggemar kuda pemula tentang tata-cara memelihara kuda banyak diantaranya melakukan kesalahan yang sangat mendasar. FSI merasa perlu untuk memberikan koreksi tentang beberapa hal yang perlu diperbaiki sehingga teknik, cara dan prosedur dalam pemeliharaan, perawatan dan penanganan kuda menjadi lebih baik, lebih aman dan lebih ekonomis biayanya.

Beberapa kesalahan-kesalahan tersebut saya rangkum sbb:

  1. SAFETY. Melupakan hal-hal yang menyangkut keselamatan (SAFETY)

    Keselamatan dalam hal memelihara kuda mencakup keselamatan bagi diri sendiri (manusia) serta bagi kuda yang bersangkutan. Kandang berada ditempat terbuka tanpa pagar keliling (pad dock), sehingga bila kuda terlepas, kuda langsung memiliki akses ke dunia luar yang bebas tanpa penghalang. Hal ini berbahaya bagi orang lain yang berada disekitar lokasi maupun bagi kuda bersangkutan. Kepercayaan diri yang berlebihan (over confident) dalam menghandle kuda adalah awal dari mala petaka yang bisa mengancam keselamatan baik manusianya maupun kudanya.

  2. FASILITAS YANG MINIM PERHATIAN misalnya pad dock tidak terawat sehingga terdapat beberapa bagian pad dock yang runcing/tajam menonjol keluar yang mengancam melukai kuda. Apalagi kalau anda memiliki kuda yang masih anakan. Sebaiknya bagian-bagian runcing dilokasi kandang maupun paddock harus nihil alias tidak ada.

  3. KANDANG KUDA. Kandang kuda terlalu sempit sehingga tidak memungkinkan kuda untuk bergerak bebas. Kuda tidur lelap pada malam hari dan biasanya akan rebah atau “njerum” (red: jawa). Saat itulah kuda membutuhkan lokasi yang cukup luas. Sehingga bisa bebas berguling dan berdiri tanpa terhalang dinding kandang. Kandang yang sempit akan menyebabkan kuda tidur dalam posisi berdiri. Kaki kuda tidak bisa istirahat total untuk jangka waktu yang cukup lama.

  4. PINTU masuk kuda kedalam kandang terlalu sempit sehingga sulit bagi kuda maupun perawat kuda untuk masuk kedalam kandang. Ukuran kandang idealnya 4M x 4M dan ukuran pintu masuk kuda minimum L = 1.5 M dengan pintu yang memiliki segi keamanan dan kekuatan yang memadai.

  5. KEBERSIHAN Kandang tidak terjaga, kotoran kuda dibiarkan berada dalam kandang. Selain kotor dan bau yang mengganggu estetika, kondisi kandang yang kotor tidak akan membuat kuda menjadi nyaman dalam kandangnya. Kuda akan gelisah dan selalu menendang-nendang ke lantai karena banyak lalat dan insect. Dan yang paling parah kotoran kuda akan dimakan lagi oleh si kuda (bila kekurangan ransum). Kuda menjadi sakit dan kurus.

  6. ALAS KANDANG BASAH/TIPIS. Kecuali lantai yang berpasir, seyogyanya alas kandang dari bahan yang lembut dan menyerap air. Kalau ada gunakan serbuk gergaji yang murah dan selalu bisa diperbaharui dengan yang masih segar dan kering.

  7. MAKANAN DAN MINUMAN: Lupa memberi makan dan minum pada jam yang sudah dijadwalkan atau memberi makan tak terbatas. Kuda memiliki usust yang kecil sehingga harus terisi pada jam yang sudah ditentukan. Namun juga tidak boleh makan terlalu berlebihan seperti seekor sapi atau kerbau. Karena kuda bukan binatang memamah biak, maka pemberian ransum harus pas takaran maupun pas waktu pemberiannya tidak boleh terlambat maupun terlalu awal, perut harus selalu terisi oleh rumput.

  8. SALAH PEMBERIAN MAKAN: Makanan pokok kuda adalah rumput (forages) serta biji-bijian. Jangan diberi makanan yang tidak semestinya misalkan buah-buahan/sayuran maupun konsentrat yang berlebihan.

  9. KUDA DIPENJARA. Jangan memenjarakan kuda dalam kandang. Kuda membutuhkan gerak yang cukup tiap hari. Memenjarakan kuda selama-lamanya dalam kandang akan merusak kuda. Kaki kuda akan bengkak karena darahnya tak mengalir dengan sempurna. Kalau anda mampu membeli kuda namun tidak bisa membuat kuda gembira lebih baik tidak usah memeliharanya. Kuda akan terpenjara dan tersiksa seumur hidupnya.

  10. KUKU YANG TAK TERAWAT. Kuku kuda harus selalu dirawat. Dilakukan pemotongan kuku dan diberi tapal kuda yang sesuai dengan ukuran dan bentuk kakinya. Kalau anda penganut “bare foot” maka lakukan perawatan yang benar. Kuda dengan kuku alami tanpa sepatu juga harus dirawat. Barefoot hanya cocok untuk kuda yang dilepas di ranch dan gerak bebas dipelepasan bukan untuk kuda dalam kandang yang sedikit gerak.

  11. KURANG LATIHAN: Memelihara kuda perlu dilatih tiap hari. Kuda belajar dari latihan yang kita berikan sehari-hari. Kuda lupa dilatih akan menjadi kuda liar yang tidak ada manfaatnya bagi keluarga anda. Bahkan bisa mengancam keselamatan anda dan sekeluarga.

  12. LATIHAN/KERJA BERLEBIH. Kuda memiliki kemampuan maksimum yang tidak bisa lagi ditambah. Latihan dan kerja yang melebihi batas akan menyebabkan kerusakan phisik yang sangat fatal.

  13. KUDA BUKAN TEMAN INTIM: Kuda adalah binatang peliharaan. Kuda yang terlatih bisa menjadi intim dengan manusia. Namun harus selalu diingat kuda tetap binatang besar yang memiliki naluri/insting sebagai binatang liar. Selalu waspada jika anda berada didekatnya.

  14. PENGOBATAN/PEMELIHARAAN KESEHATAN YANG KURANG DIPERHATIKAN

    Karena kuda memakan rumput, maka ada ancaman terserang CACINGAN. Lakukan pengobatan anti cacing (deworming) secara rutin. Lakukan suntikan faksinasi tetanus yang terencana. Konsultasi dengan dokter hewan anda. Kuda juga butuh perawatan badan yang teratur dan rutin. Disikat bulunya, dimandikan badanya agar tetap bersih.

  15. HANDLING KUDA: Penangan kuda merupakan keahlian sendiri, seorang perawat kuda harus benar-benar memiliki keahlian yang memadai. Untuk itu perawat kuda harus terus diberi latihan dan tambahan ilmu untuk meningkatkan kemampuannya dalam menangani kuda baik soal makanan, handling kuda dan perawatannya. Banyak kecelakaan kuda disebatkan karena kesalahan handling kuda.

  16. PERALATAN KUDA: Gunakan peralatan kuda yang memenuhi standard keselamatan yang benar baik untuk kuda maupun untuk manusianya. Gunakan peralatan yang benar untuk pekerjaan yang sesuai. Jangan gunakan peralatan yang bukan semestinya dipergunakan.

  17. PERKAWINAN TAK TERPROGRAM. Tidak semua kuda betina cocok untuk dikembang - biakkan. Perkawinan kuda yang tak terencana justru akan menurunkan kualitas kuda sport kita dimasa yang akan datang. Karena tidak memahami kapan kuda dalam kondisi "beger" (heat), perkawinan seringkali gagal. bahkan mengakibatkan kuda pejantan cedera.

IItulah gambaran kesalahan dasar yang sering kita jumpai dan semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam. /Bung Pras/

BERITA TERHANGAT
Hasil Drawing Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2016, 21 Februari 2016
Hasil Drawing Pacuan Kuda Jateng Derby 2016, 31 Januari 2016
Undangan Pacuan Kuda Jateng Derby 2016, 31 Januari 2016
Hasil Barrier Draw Piala Raja HB X 2015, 8 November 2015
Hasil Barrier Draw Kejurnas PP. Pordasi 49 Seri 1 Indonesian Derby 2015 Babak FINAL 16 Agustus 2015
Hasil Barrier Draw Kejurnas PP. Pordasi 49 Seri 1 Indonesian Derby 2015 Babak penyisian 2Agustus 2015

Peta Baru Olah Raga Berkuda Horse Racing "ANTI -DOPING

Hasil Drawing Pacuan Kuda Tingkat Nasional Minang Derby dan piala Tiga Mahkota Serie 2, 3 Mei 2015 download disini
Undangan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Minang Derby 3 Mei 2015 download disini
Hasil Akhir Pacuan Kuda Tegalwaton Cup 2014
Hasil Drawing Jateng Derby 2015, Tegalwaton 18 Januari 2015. download disini
Tegalwaton Cup Ke V Salatiga 24 Agustus 2014. download disini
Hasil Drawing Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 Babak Penyisihan 6 Juli 2014. download disini
Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 dan 2 2014. download Undangan Umum

Pacuan Kuda Minang Derby 2014 dan piala Tiga Mahkota Seri 2 2014, download Hasil Drawing
Pacuan Kuda Pra-PON XIX, Bupati Bantul Cup ke IV 2014
Undangan Kejuaraan Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2014
Laporan Hasil Pacuan JATENG DERBY 2014
Hasil Drawing JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2014
Undangan JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2013
Hasil Drawing HB Cup X ke V 2013 2-3 November 2013
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Sumpah Pemuda Cup 2013 27 Oktober 2013, Pulomas Race Course JAKARTA TIMUR
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Hamengku Buwono CUP V 2013 3 November 2013, Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Paku Alam I 2013 29 September 2013, Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejurnas PP. Pordasi ke 47 Seri 2 2013 15 September 2013, Tegalwaton
Hasil Drawing Babak Final Kejurnas PP. Pordasi Seri 1 2013 7 Juli 2013
Hasil Akhir Kejuaraan Pacuan Kuda Daerah Tompaso Sulawesi Utara 14 Juni 2013
Hasil Drawing babak penyisihan Kejurnas Seri 1 - Indonesian Derby 2013.
UNDANGAN UMUM KEJURNAS PP. PORDASI ke 47 Tahun 2013, FORMULIR PENDAFTARAN dll.
HASIL PACUAN KUDA PIALA TIGA MAHKOTA - MINANG DERBY 2013
Undangan pacuan Kuda Minang Derby - Piala Tiga Mahkota Seri 2 2013
Hasil Drawing Pertiwi CUP-Madura Derby 2013
Undangan Pacuan Kuda Pertiwi Cup - Madura Derby 2013
Hasil Drawing Taliabo Derby, Piala Tiga Mahkota 2013
Suramadu Derby 2013, Hasil Pacuan Selengkapnya
Ekspedisi Kuda Khatulistiwa Segera Melintas
Hasil Pacuan Kuda PIALA Pangdam Jaya 2012, Pulomas Jakarta
Pacuan Kuda PIALA GUBERNUR SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda HUT MINAHASA ke 584 SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda BHAYANGKARA CUP SULUT 2012, MAESA TOMPASO!
Pacuan Kuda Istimewa Hamengku Buwono X Cup IV 2012, Bantul!
Pacu Kuda Bukik Ambacang 13 Oktober 2012 Bukittinggi Sumbar!
HB X CUP IV-2012, BUKU RACE ACARA 11 November 2012 downloadable here !!!
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejurnas Ke 46 Seri 2 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Turangga Jaya CUP IV BOROBUDUR, 22 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 Babak Final 2012, 30 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Tegalwaton 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Bupati Kebumen 2012
SERI 2 2012 SURAT EDARAN
Marhaban ya Seri II 2012
UNDANGAN PACUAN KUDA RAMADHAN CUP 2012
FSI Dikunjungi Oleh 100 Ribu HIT
Hasil Akhir Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI 46 Indonesian Derby 2012
LIVE FROM Kejurnas Seri I Pulomas
HASIL DRAWING BABAK FINAL KEJURNAS PORDASI ke 46 SERI 1 2012
ISSUE KESELAMATAN DALAM OLAH RAGA BERKUDA
Hasil Pacuan Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Drawing Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Akhir Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Undangan Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Hasil Pacuan Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Drawing Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Akhir Pertiwi Cup 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Bupati Bantul Cup II 2012
Hasil Akhir Pacu Kuda Payakumbuh - 50 Kota 2012
Piala Bupati Bantul 2012, Persiapan Akhir Kuda-Kuda
Piala Tiga Mahkota dan Taliabo Derby 2012, Download Undangan Resmi disini
Hasil Sawahlunto Derby 2011
Minang Derby 2012 sudah diambang pintu. Download Undangan Resmi disini
Hasil Pacuan Kuda Galuh Cup IX Pantai Indah Legok Jawa, Ciamis 12/12/2011 - 1/1/2012
OLD AND NEW Horse Racing, Bupati Ciamis CUP, Legok Jawa, Pangandaran, 31/12 - 1/1 2011
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejuaraan Daerah "Minahasa Pacu Kuda 2011, 26 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Hasil Pacuan Kuda HB Cup 3 2011, 13 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Selamat Atas Terpilihnya H. Eddy Saddak sewbagai Ketua PP. Pordasi 2011-2015
Hasil Akhir Babak Penyisihan Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. 10 Juli 2011.
Barrier Draw, Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. Babak Penyisihan 10 Juli 2011. Download
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kapolri Cup - Jakarta Derby 2011
Barrier Draw, Kapolri Cup-Jakarta Derby 2011. Download
Woman Rider in Champion's Cup 2'nd Series 2011, Horse Racing, Pulomas 22 2011
Undangan Resmi Piala KAPOLRI 2011-Jakarta Derby 2011, Pulomas 19 Juni 2011
Inilah Hasil Drawing Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Kasad 2011, Tanjung Bastian, Kab. Timor Tengah Utara (TTU), NTT

Pertiwi Cup 2011, Arcamanik Bandung. Download Undangan Pacuan Kuda Disini

Sutan Agogo (BHM-Kalsel) Kembali Berjaya di Derby Champion Cup Seri I Jarak 1200 M

Torona Sakti, Hancurkan Supremasi Blessing BMW di 1600

Kumpulan berita pendek,Feb-2011

Download, Hasil Drawing Minang Derby 2011

Download, Hasil Akhir Payakumbuh Seizoen 2011

Minang Derby 2011, makin dekat

FSI berulang tahun,memasuki usia ke 4, spammer block FSI server a>

Asian Racing Federation, ternyata Indonesia sudah pernah bergabung tahun 1961

Kumpulan Indonesian Horse Sport News 2010

Horse Sport News 2010

INDONESIA DERBY UPDATES, FSI 2015 Edition

Oleh Editor Utama FSI: Bpras
By Chief FSI's Editor: Bpras

Derby Indonesia updates FSI Edition 2015, baca update review Derby Indonesia 2015, para penantang Indonesia Derby 2015 yang akan segera datang. Pernak pernik Derby Indonesia, Lihat profile detail kuda-kuda Derby dan Remaja di sini! Indonesian Derby Updates FSI 2015 Edition. Update Review monthly, Indonesia Derby contenders 2015 will be held shortly, anything about Indonesian Derby madness, click detail profiles in here!

Posting Terkini

RAMALAN CUACA / WEATHER FORECAST

Pustaka/Refference

DISCLAIMER

PENCURIAN TULISAN/PLAGIATISME, FSI menentang plagiatism serta berbagai pencurian karya ilmiah dalam bentuk apapun. "Copy and paste" dari tulisan orang lain sangat tidak bermartabat kecuali dengan seijin dan memberi appresiasi kepada pemilik sumber atau penulisnya. Copy dan paste tulisan dari artikel di Forum-Sandalwood Indonesia tidak diperkenankan tanpa seijin tertulis dari FSI. Citasi dari artikel pada Forum Sandalwood Indonesia bisa dilakukan dengan memberi kredit pada penulisnya maupun situs asalnya (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia, Bung Pras FSI

FSI against plagiatism at any reasons and any forms. Copy and Paste from other article is unvaluable attitude except by giving appreciation to the original writter/writters or original sources. Copy and paste from any article in this Forum Sandalwood Indonesia is prohibited without written permission from FSI. Citation can be executed by giving credit to the writter and attaching the source name where you cite (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia. Bung Pras FSI

Show Room Kuda

HORSE SUPPLY / PERLENGKAPAN KUDA

JASA AHLI IT, SERVER, WEB, SECURITY DLL

IT Services

SPONSOR LINK

Computer, Master Clock, Tower Clock, CCTV, Radio, http://pt-srikandi.co.id


Iklan Baris: jual kuda, alat kuda, gatget, dll
Iklan Baris/Advertisement

COUNTRY RIDE REPORT

TANJUNG BASTIAN HORSE RACING TRACK

Pearls From The East, Find The Beauty of The Beach in Tanjung Bastian. Located far in the east of Indonesia in P. Timor facing north to Savu Sea. The Horse Racing Track is just a minutes away from the white and bright sand dunes. At the south is hundred meter high coral cliff hosts of wild monkeys and birds. The horse racing treack is 1000 M length and 14 M width flat horse racing is held twice a year with special bareback and barefoot horses. Local Timorese pony and childrent jockeys is the most famous horse racing event in this area of Indonesia. Read more detail in here

PAMERAN DAN BURSA KUDA 2009

Lenggok Kuda di Catwalk pagi itu begitu indahnya bagaikan seorang model berhiaskan bunga di telinga dan pita warna-warni. Moment yang jarang sekali ini terjadi di Pameran Dan Bursa Kuda (PAMBUKA) yang diadakan dalam rangkaian Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI Serie I 2009. Berita selanjutnya klick disini.

Previous Visitors Totals
Locations of visitors to this page