You are hereTrack Pacu Updates / Menyingkap Mutiara Timur, Temukan Exotisme Tanjung Bastian

Menyingkap Mutiara Timur, Temukan Exotisme Tanjung Bastian


By pras - Posted on 25 July 2010

Arena Pacuan Kuda Paling Seksi di Indonesia, Tanjung Bastian Horse Racing Track

Orang kuda sudah mengenal dan boleh berbangga dengan Pulomas Horse Racing Course satu-satunnya track pacu terbaik di Indonesia, dengan situ (danau kecil) ditengah dan dikelilingi gedung-gedung bertingkat sepanjang track. Kandang kuda 160 kamar tersedia lengkap dengan fasilitas bagi groom dan crew kuda lainnya. Fasilitas makan bagi pengunjung pun lengkap ada. Orang juga sudah mengenal lapangan pacu track pasir alam di Sultan Agung Horse Racing Track Bantul Yogyakarta, juga Kenjeran Horse Racing Arena dll. Namun saya yakin orang kuda Indonesia jarang tahu bahwa kita memiliki track pacu kuda yang terletak persis di bibir pantai laut utara P. Timor. tepatnya di daerah Pantai Utara Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Daerah ini disebut dengan Tanjung Bastian berhadapan dengan Laut Sawu disebelah utara. Hanya beberapa kilometer saja dari Distrik Oicussi Republik Demokratic Timor Leste (RDTL).

Tanjung Bastian Pantai Ditaburi Keindahan Alam

Malam itu kedatangan ku bersama Rheno sudah lewat tengah malam. Tepatnya jam 02.00 WIT. Setelah menempuh perjalan jauh dari Jakarta dengan pesawat yang mengecewakan karena tertunda hampir 3 jam dengan alasan operasional, demikian kata pramugari. Sehingga saya kehilangan kesempatan untuk hadir pada acara rapat technical meeting (Barrier Draw) yang berlangsung Rabu 21 Juli 2010 jam 19.00 WIT. Mendarat di pelabuhan udara El Tari Kupang sudah pukul 19.30 waktu setempat. Kami sudah dijemput Pak Ernest Keti dari Kefamenanu, perjalanan darat ditempuh sekitar 6 jam dari Ibukota Propinsi NTT langsung ke Tanjung Bastian. Perjalanan yang penuh dengan keingin tahuan tentang Pulo Timor yang indah. Suatu pulo di bagian Timur Indonesia yang pernah dijajah Belanda dan Portugal. Pulo yang penuh dengan perbukitan batu karang. Berpantai pasir putih Indah dengan lautnya yang membiru tenang di utara, Laut Sawu (Savu Sea). Perjalanan saya berdua ke Tanjung Bastian bukanlah untuk berenang dipantai yang indah seperti layaknya pelancong, namun untuk melihat dengan dekat Pacuan Kuda Bupati Cup VI, Timor Timur Utara 22-25 Juli 2010 atas undangan Pordasi Cabang Kabupaten TTU dan Dinas Pariwisata TTU selaku panitia penyelenggara pacuan kuda. Tidak melakukan persiapan layaknya rombongan pelancong namun lebih sebagai rombongan dua orang pecinta kuda, bertopi langken, membawa kotak berisi alat-alat berkuda titipan penggemar-penggemar kuda, camera handycamp, pakaian beberapa stel dan sepatu boot.

Sehingga saat malam tiba dibibir pantai dilokasi camping dengan sarana yang minim, terasa terkejut namun mengesankan. Tinggal di daerah dengan situasi dan setting layaknya hidup para cowboy di Amerika yang melakukan long ride diatas hutan-hutan suku Indian di daerah utara. Bagi saya bukan suatu hal yang mengecewakan, namun membekas dihati apalagi anakku Rheno yang cuma berbekal kaos oblong tanpa jacket. Camping ground dengan tenda dan alas tidur sederhana sungguh merupakan sarana yang lebih dari cukup, api unggun dengan segunung stock kayu kering cukup untuk mempertahankan badan dari dinginnya tiupan angin laut. Sangat beruntung daerah ini minim hujan tidak seperti di daerah lain.

Dis-orientasi barangkali kata yang tepat untuk menggambarkan situasi saya dan Rheno saat datang pada tengah malam yang gelap. Sesaat setelah tiba yang pertama kami lihat adalah kuda-kuda peserta pacuan yang di ikat dibawah pohon asam, dan juga pohon khas pantai yang berdaun kecil-kecil, beralas pasir putih pantai yang bersih. Dengan lampu senter tentunya, menyapa kuda-kuda yang sedang istirahat. Deburan ombak menambah keasyikan sendiri. Sebagian para peserta lomba sudah terlelap tidur di atas alas, ada kasur, ada kain, ada terpal untuk penghalang angin pantai. Hanya panitia seperti Drg. Benhur Malelak Skg, beserta crew kudanya,Pak Rio Hartanto beserta crew kudanya yang setia menanti kedatangan saya berdua. Berkenalan, bersalaman pertama kali setelah berkomunikasi selama bertahun-tahun lewat handphone dan internet. Forum Sandalwood Indonesia rupanya telah memperkenalkan kami selama ini lewat hoby kuda ! Rupanya penggemar kuda disana sudah hafal halaman demi halaman dari FSI. Lebih baik dari saya yang (memalukan) lupa di halaman berapa saya menulis apa. Jaringan FSI telah berfungsi seperti impian saya pada masa lalu.

Tiada lampu listrik PLN yang tersambung sampai lokasi pacuan yang ada adalah api unggun yang masih menyala disekitar rombongan keluarga peserta lomba pacuan kuda. Serta generator set yang siap dihidupkan bila diperlukan. Inilah kehidupan cowboy di tengah ngarai seperti di daerah pedalaman benua Amerika, Arizona. Pepohonan pantai yang terdiri dari pohon Nira, Kayu putih serta pohon khas pantai berdaun kecil yang perdu membuat indahnya Pantai Tanjung Bastian, sangat luar biasa.

Disorientasi, sehingga membuat saya tidak tidur sampai pagi. Deburan ombak yang hanya berjarak 20 M dari "cottage" dimana saya menginap membuat mata dan pikiran melayang-layang. Cottage dimana kami tinggal adalah sebuah rumah sederhana terbuat dari separoh batu bata dan separoh pelepah tangkai daun nira yang dipasang rapat-rapat, Rumah berukuran 6x6 M dengan atap terbuat dari kayu dengan rumput ilalang yang ditata rapi. Ada toilet yang cukup bersih dan air bersih cukup yang didapat dari PDAM setempat dialirkan dengan selang panjang. Cottage ini dibangun oleh Pak Rio Hartanto sebagai tempat menginap saat lomba pacuan kuda di Tanjung Bastian. Angin pantai tak bisa ditahan masuk kedalam cottage, desiran angin melewati celah-celah didinding membuat bunyi yang khas. Mata pun sulit diajak terpejam, akhirnya saya menggenapi 24 jam tanpa tidur sejak berangkat dari rumah di Jakarta pada pagi hari. Ringkik kuda terdengar dekat ke dinding rumah, rupanya salah satu kuda Drg Benhur terlepas dari ikatan dan menjadi bahan olokan yang menghibur sesama peserta camping. Kokok ayam jantan yang dibawa oleh Ama Kuji, pelatih kuda Michael Spirit milik Pak Thomas Hartanto, Ketua Pordasi TTU membuat suasana menjadi lebih asri. Ada ayam, ada kuda, ada api unggun, ada tempat memasak air, ada kopi panas, makanan dll.

Saya bangun dan bergabung dengan anak-anak kuda untuk melihat cara mereka merawat kuda pada pagi hari. Pagi hari matahari mulai bersinar di timur. Pemandangan alam yang pada saat malam tidak terlihat sekarang mulai menunjukkan kecantikannya. Ibarat gadis ayu yang pemalu. Pelan tapi pasti kecantikannya mulai tampak meskipun tanpa accessori yang menonjol. Kemudian menggoda. Saya dan Rheno mulai survey lokasi bersama Dr. Benhur Malelak Skg. Sekertaris Pordasi Cabang TTU dengan membawa kuda Dhesa Maramba, betina kesayangannya berjalan mendekati track pacu. melihat para groom merawat kuda-kuda mereka yang sejak jam 05.00 pagi sudah memulai kegiatannya.

Rombongan peserta lomba pacu kuda tersebar di mana-mana, mereka datang berkeluarga besar (clan) dengan membawa beberapa kuda unggulan mereka yang rata-rata kuda breed Timor asli dengan ketinggian 115 Cm s/d 130 Cm. Kuda-kuda diikat dibawah pohon asam yang rupanya menjadi produk andalan P. Timor sampai sekarang setelah Kayu Cendana (Sandalwood) nyaris punah. Para peserta datang lengkap dengan peralatan camping, datang dengan peralatan pacu sederhana seperti Freo. Mereka membangun camp dibawah pohon asam yang banyak terdapat di Tanjung Bastian. Dan membuat api unggun sendiri dari batang kayu kering yang banyak terdapat di pantai.

Disisi sebelah dalam berdiri tebing batu karang hitam menjulang tinggi lebih dari 100 M dengan habitat kera liar dan burung-burung kecil. Pemerintah Daerah TTU telah membangun jalur pejalan kaki permanen keatas untuk melihat Tanjung Bastian dari ketinggian. Pengunjung bisa melihat track pacu 1000 M yang memiliki lebar 14 M dengan pembatas track terbuat dari kayu keras dan tiang beton permanen dibawahnya.

Sebuah Tribune penontong berukuran sekitar 20 M x 9 M membentang didepan garis finish. Menara kontrol berdiri tegak 5 M tingginya disebrang track tepat didepan garis finish. Kapasitas tribune cukup untuk 100 orang dan bila saat final, penonton berdatangan dari segala penjuru provinsi. Mulai dari Kabupaten Kupang, Kabupaten Belu, TTU, TTS serta dari masyarakat negara tetangga Timor Leste. Ribuan orang berdesakan memenuhi area di luar band maupun didalam lapangan tengah.

Tack Pacu Tanjung Bastian memiliki kekhususan dimana pasir alam dari pantai berwarna putih sebagai landasan pacu. Sedikit bercampur batu coral yang mudah disingkirkan. Arena melebihi dari cukup bila dikembangkan menjadi track berstandard nasional dengan panjang 1200 M lebar 16M. Pemandangan yang indah dengan suhu relatif sejuk, curah hujan tidak terlalu tinggi dan airpun mudah menghilang dengan cepat mengingat letaknya yang 3-4 M diatas permukaan laut.

Kota terdekat adalah Wini merupakan kota kecamatan dengan pelabuhan lautnya. Daerah dibawah adat Tamkesi ini merupokan daerah potensi Wisata yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Daerah TTU. Jarak Wini ke Lapangan sekitar 5 KM. Juga ada pelabuhan laut di ATAPUPU Atambua yang berjarak beberapa puluh kilometer saja. Akses dari Ibu kota Kefamenanu, yang merupakan kota tua peninggalan Belanda, melalui jalan aspal halus dengan lebar 10 M relatif sempit memang. Jalur jalan berada diantara tebing-tebing tinggi dengan pepohonan hutan serta lamtoro gung.

Daerah ini dulunya penghasil Kayu Cendana, namun sekarang petani mengandalkan dari hasil ternak sapi bali maupun kambing. Disamping hasil hutan lainnya seperti madu, asam, dll. Selain hasil pertanian dan ternak, TTU juga mulai mengekploitasi Mangaan yang banyak terdapat dalam perut bumi TTU. Pelabuhan Wini merupakan pelabuha laut yang berfungsi sebagai pelabuhan untuk distribusi hasil tambang.

 

Related Article:

1. Freo, Peralatan Kuda Khas Timor, Lihat Videonya di Sandel-TV

2. Angin Timor, Kuda Jantan 25 tahun si Jawara Klas Lokal

3. Ramuan Kuda Khas Timor

4. Pacuan Kuda Lokal, Bareback and Barefoot

5. Jocky Kecil yang Akrobatik

6. Relaxasi Alamiah Bagi Kuda Sehabis Pacuan

7. Kuda Timor, Kuda Standard, dan Kuda Sandel

8. Pacuan Kuda Bupati TTU Cup VI 22-25 July 2010

9. Photo Album Pacuan Kuda Tanjung Bastian 22-25 July 2010

From Bupati Cup VI TTU, Tanjung Bastian

/Salam/ Bpras

BERITA TERHANGAT
Hasil Drawing Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2016, 21 Februari 2016
Hasil Drawing Pacuan Kuda Jateng Derby 2016, 31 Januari 2016
Undangan Pacuan Kuda Jateng Derby 2016, 31 Januari 2016
Hasil Barrier Draw Piala Raja HB X 2015, 8 November 2015
Hasil Barrier Draw Kejurnas PP. Pordasi 49 Seri 1 Indonesian Derby 2015 Babak FINAL 16 Agustus 2015
Hasil Barrier Draw Kejurnas PP. Pordasi 49 Seri 1 Indonesian Derby 2015 Babak penyisian 2Agustus 2015

Peta Baru Olah Raga Berkuda Horse Racing "ANTI -DOPING

Hasil Drawing Pacuan Kuda Tingkat Nasional Minang Derby dan piala Tiga Mahkota Serie 2, 3 Mei 2015 download disini
Undangan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Minang Derby 3 Mei 2015 download disini
Hasil Akhir Pacuan Kuda Tegalwaton Cup 2014
Hasil Drawing Jateng Derby 2015, Tegalwaton 18 Januari 2015. download disini
Tegalwaton Cup Ke V Salatiga 24 Agustus 2014. download disini
Hasil Drawing Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 Babak Penyisihan 6 Juli 2014. download disini
Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 dan 2 2014. download Undangan Umum

Pacuan Kuda Minang Derby 2014 dan piala Tiga Mahkota Seri 2 2014, download Hasil Drawing
Pacuan Kuda Pra-PON XIX, Bupati Bantul Cup ke IV 2014
Undangan Kejuaraan Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2014
Laporan Hasil Pacuan JATENG DERBY 2014
Hasil Drawing JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2014
Undangan JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2013
Hasil Drawing HB Cup X ke V 2013 2-3 November 2013
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Sumpah Pemuda Cup 2013 27 Oktober 2013, Pulomas Race Course JAKARTA TIMUR
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Hamengku Buwono CUP V 2013 3 November 2013, Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Paku Alam I 2013 29 September 2013, Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejurnas PP. Pordasi ke 47 Seri 2 2013 15 September 2013, Tegalwaton
Hasil Drawing Babak Final Kejurnas PP. Pordasi Seri 1 2013 7 Juli 2013
Hasil Akhir Kejuaraan Pacuan Kuda Daerah Tompaso Sulawesi Utara 14 Juni 2013
Hasil Drawing babak penyisihan Kejurnas Seri 1 - Indonesian Derby 2013.
UNDANGAN UMUM KEJURNAS PP. PORDASI ke 47 Tahun 2013, FORMULIR PENDAFTARAN dll.
HASIL PACUAN KUDA PIALA TIGA MAHKOTA - MINANG DERBY 2013
Undangan pacuan Kuda Minang Derby - Piala Tiga Mahkota Seri 2 2013
Hasil Drawing Pertiwi CUP-Madura Derby 2013
Undangan Pacuan Kuda Pertiwi Cup - Madura Derby 2013
Hasil Drawing Taliabo Derby, Piala Tiga Mahkota 2013
Suramadu Derby 2013, Hasil Pacuan Selengkapnya
Ekspedisi Kuda Khatulistiwa Segera Melintas
Hasil Pacuan Kuda PIALA Pangdam Jaya 2012, Pulomas Jakarta
Pacuan Kuda PIALA GUBERNUR SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda HUT MINAHASA ke 584 SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda BHAYANGKARA CUP SULUT 2012, MAESA TOMPASO!
Pacuan Kuda Istimewa Hamengku Buwono X Cup IV 2012, Bantul!
Pacu Kuda Bukik Ambacang 13 Oktober 2012 Bukittinggi Sumbar!
HB X CUP IV-2012, BUKU RACE ACARA 11 November 2012 downloadable here !!!
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejurnas Ke 46 Seri 2 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Turangga Jaya CUP IV BOROBUDUR, 22 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 Babak Final 2012, 30 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Tegalwaton 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Bupati Kebumen 2012
SERI 2 2012 SURAT EDARAN
Marhaban ya Seri II 2012
UNDANGAN PACUAN KUDA RAMADHAN CUP 2012
FSI Dikunjungi Oleh 100 Ribu HIT
Hasil Akhir Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI 46 Indonesian Derby 2012
LIVE FROM Kejurnas Seri I Pulomas
HASIL DRAWING BABAK FINAL KEJURNAS PORDASI ke 46 SERI 1 2012
ISSUE KESELAMATAN DALAM OLAH RAGA BERKUDA
Hasil Pacuan Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Drawing Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Akhir Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Undangan Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Hasil Pacuan Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Drawing Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Akhir Pertiwi Cup 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Bupati Bantul Cup II 2012
Hasil Akhir Pacu Kuda Payakumbuh - 50 Kota 2012
Piala Bupati Bantul 2012, Persiapan Akhir Kuda-Kuda
Piala Tiga Mahkota dan Taliabo Derby 2012, Download Undangan Resmi disini
Hasil Sawahlunto Derby 2011
Minang Derby 2012 sudah diambang pintu. Download Undangan Resmi disini
Hasil Pacuan Kuda Galuh Cup IX Pantai Indah Legok Jawa, Ciamis 12/12/2011 - 1/1/2012
OLD AND NEW Horse Racing, Bupati Ciamis CUP, Legok Jawa, Pangandaran, 31/12 - 1/1 2011
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejuaraan Daerah "Minahasa Pacu Kuda 2011, 26 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Hasil Pacuan Kuda HB Cup 3 2011, 13 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Selamat Atas Terpilihnya H. Eddy Saddak sewbagai Ketua PP. Pordasi 2011-2015
Hasil Akhir Babak Penyisihan Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. 10 Juli 2011.
Barrier Draw, Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. Babak Penyisihan 10 Juli 2011. Download
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kapolri Cup - Jakarta Derby 2011
Barrier Draw, Kapolri Cup-Jakarta Derby 2011. Download
Woman Rider in Champion's Cup 2'nd Series 2011, Horse Racing, Pulomas 22 2011
Undangan Resmi Piala KAPOLRI 2011-Jakarta Derby 2011, Pulomas 19 Juni 2011
Inilah Hasil Drawing Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Kasad 2011, Tanjung Bastian, Kab. Timor Tengah Utara (TTU), NTT

Pertiwi Cup 2011, Arcamanik Bandung. Download Undangan Pacuan Kuda Disini

Sutan Agogo (BHM-Kalsel) Kembali Berjaya di Derby Champion Cup Seri I Jarak 1200 M

Torona Sakti, Hancurkan Supremasi Blessing BMW di 1600

Kumpulan berita pendek,Feb-2011

Download, Hasil Drawing Minang Derby 2011

Download, Hasil Akhir Payakumbuh Seizoen 2011

Minang Derby 2011, makin dekat

FSI berulang tahun,memasuki usia ke 4, spammer block FSI server a>

Asian Racing Federation, ternyata Indonesia sudah pernah bergabung tahun 1961

Kumpulan Indonesian Horse Sport News 2010

Horse Sport News 2010

INDONESIA DERBY UPDATES, FSI 2015 Edition

Oleh Editor Utama FSI: Bpras
By Chief FSI's Editor: Bpras

Derby Indonesia updates FSI Edition 2015, baca update review Derby Indonesia 2015, para penantang Indonesia Derby 2015 yang akan segera datang. Pernak pernik Derby Indonesia, Lihat profile detail kuda-kuda Derby dan Remaja di sini! Indonesian Derby Updates FSI 2015 Edition. Update Review monthly, Indonesia Derby contenders 2015 will be held shortly, anything about Indonesian Derby madness, click detail profiles in here!

Posting Terkini

RAMALAN CUACA / WEATHER FORECAST

Pustaka/Refference

DISCLAIMER

PENCURIAN TULISAN/PLAGIATISME, FSI menentang plagiatism serta berbagai pencurian karya ilmiah dalam bentuk apapun. "Copy and paste" dari tulisan orang lain sangat tidak bermartabat kecuali dengan seijin dan memberi appresiasi kepada pemilik sumber atau penulisnya. Copy dan paste tulisan dari artikel di Forum-Sandalwood Indonesia tidak diperkenankan tanpa seijin tertulis dari FSI. Citasi dari artikel pada Forum Sandalwood Indonesia bisa dilakukan dengan memberi kredit pada penulisnya maupun situs asalnya (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia, Bung Pras FSI

FSI against plagiatism at any reasons and any forms. Copy and Paste from other article is unvaluable attitude except by giving appreciation to the original writter/writters or original sources. Copy and paste from any article in this Forum Sandalwood Indonesia is prohibited without written permission from FSI. Citation can be executed by giving credit to the writter and attaching the source name where you cite (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia. Bung Pras FSI

CAPTCHA
Maaf: Mohon jawab pertanyaan ini untuk Manusia Beneran. Sorry: This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 0 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Show Room Kuda

HORSE SUPPLY / PERLENGKAPAN KUDA

JASA AHLI IT, SERVER, WEB, SECURITY DLL

IT Services

SPONSOR LINK

Computer, Master Clock, Tower Clock, CCTV, Radio, http://pt-srikandi.co.id


Iklan Baris: jual kuda, alat kuda, gatget, dll
Iklan Baris/Advertisement

COUNTRY RIDE REPORT

TANJUNG BASTIAN HORSE RACING TRACK

Pearls From The East, Find The Beauty of The Beach in Tanjung Bastian. Located far in the east of Indonesia in P. Timor facing north to Savu Sea. The Horse Racing Track is just a minutes away from the white and bright sand dunes. At the south is hundred meter high coral cliff hosts of wild monkeys and birds. The horse racing treack is 1000 M length and 14 M width flat horse racing is held twice a year with special bareback and barefoot horses. Local Timorese pony and childrent jockeys is the most famous horse racing event in this area of Indonesia. Read more detail in here

PAMERAN DAN BURSA KUDA 2009

Lenggok Kuda di Catwalk pagi itu begitu indahnya bagaikan seorang model berhiaskan bunga di telinga dan pita warna-warni. Moment yang jarang sekali ini terjadi di Pameran Dan Bursa Kuda (PAMBUKA) yang diadakan dalam rangkaian Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI Serie I 2009. Berita selanjutnya klick disini.

Previous Visitors Totals
Locations of visitors to this page