You are hereHalaman Peternak/Breeder Pages / Kuda Timor, Kuda Standard dan Kuda Sandel

Kuda Timor, Kuda Standard dan Kuda Sandel


By pras - Posted on 30 July 2010



Kuda Timor, Kuda Standard dan Kuda Sandel

Oleh: Prasetyo Oedjiantono

http://forum-sandalwood.web.id

27 Juli 2010

Terdapat beberapa breed kuda sport yang berkembang di P. Timor dewasa ini yaitu:

Breed Kuda P. Timor

P. Timor memang dekat dengan P. Sumba namun di daerah ini berkembang beberapa breed kuda lokal yang berbeda. Ada kuda Timor, Kuda Sebu, Kuda Sandel, Kuda Rote. Kuda-kuda ini termasuk kuda kecil yang tingginga 115 cm-130 cm saja. Diantara kuda-kuda tersebut kuda Sandelah yang banyak dikenal orang.

Kata Sandel sendiri berasala dari kata “Sandalwood Pony”, yang artinya kuda yang berasal dari pulo penghasil kayu cendana. Kala itu daerah provinsi NTT merupakan supplier utama kayu cendana ke seluruh dunia. Menengok balik ke belakang kuda sandel memiliki aliran darah kuda arab. Kuda ini memiliki kecepatan dan kekuatan yang baik untuk berpacu.

Tak seperti Kuda Sandel, kuda Timor asli berpostur lebih pendek, tebal dan berotot. Memiliki konformasi yang kurang seimbang dimana ketinggian kuda tidak diimbangi dengan panjang badan. Kaki bagian bawah lebih pendek dan memiliki kuku-kuku sangat baik dan kuat. Tumitnya sedikit tinggi dan slope juga cukup baik. Berbulu lembut dan kering. Meskipun kecil, kuda Angin Timor, kuda jantan milik Pak Thomas Hartanto berwarna dragem yang sudah berumur 25 tahun mampu menempuh jarak 800 M dalam waktu 48 detik saja. Jadi untuk kuda sekecil ini kecepatannya luar biasa. Kekuatan, sinkronisasi dan Kecepatan mekanik kaki-kakinya sungguh luar biasa.

Kuda Standard, Kuda G

Istilah kuda standard barang kali diambil dari istilah Kuda Standard Pacu Indonesia atau yang dikenal dengan singkatan KPI. Namun pengertian di daerah NTT ini sedikit berbeda. Mereka mengelompokkan kuda-kuda yang memiliki tinggi 140 CM - 145 CM keatas sebagai Kuda Standard. Jadi bukan dilihat dari sejarah keturunan kuda tersebut seperti layaknya istilah KPI bagi Pordasi. Didalam terminologi Pordasi kuda KPI adalah istilah bagi kuda-kuda hasil persilangan antar Kuda Poni G3 dan G4. Pengelompokan dengan nama “Kuda Standard“ ini untuk memudahkan saja mengingat surat Biro Regristrasi Kuda (BRK) belum diterapkan didalam peraturan lomba. Sehingga kuda-kuda thoroughbred murnipun masuk didalam kategori Kuda Standard.

Kuda Standard dibagi dalam beberapa kelas yaitu klas D, Klas C, Klas B, Klas A Sprint dan Klas A Super. Pengelompokan ini berbeda dengan pengelompokan seperti Aturan Pordasi yang ada. Memang peraturan lomba di NTT belum 100% mengadopsi peraturan Pordasi yang berlaku. Kuda-kuda tersebut diukur tingginya untuk mengatur kelas yang diikutinya. Tata cara pengukurannya sudah mempergunakan tata cara pengukuran sesuai peraturan Pordasi yang berlaku. Kuda-kuda standard berpacu pada jarak 1400M, 1600M, dan sebagian besar kuda di datangkan dari luar pulo seperti Sumba (NTT), Jawa Tengah dan Sulawesi Utara. Belum adanya pejantan Thoroughbred membuat daerah NTT sulit mengembangkan kuda standard. Sehingga untuk pengadaannya mengandalkan orang dari luar pulo untuk mensupply bibit-bibit kuda yang memiliki ketinggian yang diharapkan.

Kuda Sandel Kuda Sumba

Kuda sandel merupakan breed kuda yang berkembang di P. Sumba (NTT) dan didaerah sekitarnya termasuk NTB. Juga dikembangkan orang di daerah P. Jawa. Terutama Jatim, Jateng dan Jabar. Memiliki postur yang jauh berbeda dengan kuda breed Timor. Ekor dan rambut suri yang tebal, postur ramping atletis dan ketinggiannya diatas kuda Timor 130-142 CM. Konformasinya lebih baik ketimbang kuda Timor. Ekornya yang lebih tinggi dan bila berlari ekornya cenderung diangkat ke atas. Melihat sejarahnya Kuda Arab memberikan konstribusi untuk speed dan endurance kedalam breed kuda Sandel dewasa ini. Memiliki kecepatan dan kekuatan yang sangat baik. Kuku-kukunya yang kuat menjadi pilihan untuk pengembangan kuda standard pacu Indonesia (KPI) lewat program cross breeding dengan kuda Thoroughbred yang sudah berlangsung sejak tahun 1960 an.

Karena posturnya yang berbeda dengan kuda Timor, maka didalam pacuan di daerah P. Timor, breed kuda Sandel tidak diperkenankan masuk dalam kelompok kuda lokal. Kuda Sandel dikelompokkan di dalam kelas kuda Sandel. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada kuda Timor perpacu dengan lawan yang seimbang.

Selamat Dari Kepunahan,

Menurut ceritera Bapak Thomas Hartanto, Beberapa tahun yang lalu seiring dengan penurunan frekuensi pacuan di daerah NTT, kuda-kuda breed Timor jumlahnya terus menurun. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal: kuda Timor tidak dapat melawan kuda Sandel dari Sumba bila perpacu di luar pulau. Hal ini berakibat penurunan jumlah peminat berternak kuda breed Timor karena tidak adanya pacuan di daerah P. Timor sendiri. Karena tidak adanya pacuan, kuda-kuda Timor dijual kepada pedagang kuda potong untuk konsumsi dimana peminatnya datang dari daerah Jeneponto Sulawesi Selatan. Berangsur-angsur proses ini berjalan akibatnya breed kuda Timor nyaris punah.

Menyadari situasi seperti ini dimana Kuda Breed Timor sudah kritis jumlahnya, maka sejak 2 tahun silam masyarakat penghobby kuda didukung oleh pemerintah daerah bertekat melestarikan pacuan kuda Timor. Untuk itulah maka perlu dilakukan pengelompokan dimana kuda-kuda Sandel dilarang berpacu dalam kelompok Kuda Timor. Juga diterbitkan peraturan yang lain sebagai pendukung program yaitu untuk melindungi peternak kuda Timor, pacuan klas kuda lokal Timor dikhususkan untuk para petani. Sedangkan untuk para pegawai pemerintah, pengusaha dan pejabat tidak diperkenankan mengikuti lomba pacuan kuda klas lokal Timor namun diarahklan untuk ikut pada kelas Kuda Standard.

Program ini sudah mulai tampak keberhasilannya dimana pacuan kuda Timor sudah kembali ramai kembali di daerah P. Timor. Pada babak final Lomba Pacuan Kuda Bupati Cup VI tanggal 25 Juli 2010 lalu berhasil menyedot pengunjung dengan jumlah pengunjung lebih dari 20.000. Sayang FSI tidak bisa menunggui karena bersamaan dengan Indonesian Derby di Pulomas Jakarta. Selanjutnya menurut penuturan panitia pacuan Dr. Benhur Malelak Skg, Pacuan Bupati Cup VI TTU 22-25 Juli 2010, Total jumlah kuda yang berpartisipasi melebihi dari 120 ekor dimana yang terbesar adalah kuda Timor asli diikuti kuda cross breed kuda standard. Pacuan kuda ini berlangsung selama 4 hari.

Selamat atas keberhasilan melestarikan pacuan kuda lokal P. Timor bung ! Pacuan Kuda lokal merupakan sarana membangun kekuatan perekonomian rakyat, hal ini mudah dipahami karena jalur dan rantai jaringan perekonomian yang terbangun dari bisnis kuda (sport) sangat panjang. Disamping itu perlunya membangun rantai bisnis kuda sport yang memenuhi standard nasional (Pordasi) juga harus dimulai untuk mendorong peningkatan kualitas petani kuda, kualitas kuda, dan kualitas pacuan serta perluasan cakupan pasar dari potensi lokal yang dimiliki tidak hanya terbatas pada P. Timor saja namun dapat merambah ke luara daerah yang lebih luas. Teruslah berjuang berpacu sampai batas kemampuan anda ! Selamat berjuang saudara-saudaraku di P. Timor !!

Salam /Bpras/

1. Freo, Peralatan Kuda Khas Timor, Lihat Videonya di Sandel-TV

2. Angin Timor, Kuda Jantan 25 tahun si Jawara Klas Lokal

3. Ramuan Kuda Khas Timor

4. Pacuan Kuda Lokal, Bareback and Barefoot

5. Jocky Kecil yang Akrobatik

6. Relaxasi Alamiah Bagi Kuda Sehabis Pacuan

7. Pacuan Kuda Bupati TTU Cup VI 22-25 July 2010

9. Photo Album Pacuan Kuda Tanjung Bastian 22-25 July 2010

BERITA TERHANGAT
Pacuan Kuda Pra-PON XIX, Bupati Bantul Cup ke IV 2014
Undangan Kejuaraan Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2014
Laporan Hasil Pacuan JATENG DERBY 2014
Hasil Drawing JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2014
Undangan JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2013
Hasil Drawing HB Cup X ke V 2013 2-3 November 2013
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Sumpah Pemuda Cup 2013 27 Oktober 2013, Pulomas Race Course JAKARTA TIMUR
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Hamengku Buwono CUP V 2013 3 November 2013, Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Paku Alam I 2013 29 September 2013, Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejurnas PP. Pordasi ke 47 Seri 2 2013 15 September 2013, Tegalwaton
Hasil Drawing Babak Final Kejurnas PP. Pordasi Seri 1 2013 7 Juli 2013
Hasil Akhir Kejuaraan Pacuan Kuda Daerah Tompaso Sulawesi Utara 14 Juni 2013
Hasil Drawing babak penyisihan Kejurnas Seri 1 - Indonesian Derby 2013.
UNDANGAN UMUM KEJURNAS PP. PORDASI ke 47 Tahun 2013, FORMULIR PENDAFTARAN dll.
HASIL PACUAN KUDA PIALA TIGA MAHKOTA - MINANG DERBY 2013
Undangan pacuan Kuda Minang Derby - Piala Tiga Mahkota Seri 2 2013
Hasil Drawing Pertiwi CUP-Madura Derby 2013
Undangan Pacuan Kuda Pertiwi Cup - Madura Derby 2013
Hasil Drawing Taliabo Derby, Piala Tiga Mahkota 2013
Suramadu Derby 2013, Hasil Pacuan Selengkapnya
Ekspedisi Kuda Khatulistiwa Segera Melintas
Hasil Pacuan Kuda PIALA Pangdam Jaya 2012, Pulomas Jakarta
Pacuan Kuda PIALA GUBERNUR SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda HUT MINAHASA ke 584 SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda BHAYANGKARA CUP SULUT 2012, MAESA TOMPASO!
Pacuan Kuda Istimewa Hamengku Buwono X Cup IV 2012, Bantul!
Pacu Kuda Bukik Ambacang 13 Oktober 2012 Bukittinggi Sumbar!
HB X CUP IV-2012, BUKU RACE ACARA 11 November 2012 downloadable here !!!
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejurnas Ke 46 Seri 2 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Turangga Jaya CUP IV BOROBUDUR, 22 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 Babak Final 2012, 30 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Tegalwaton 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Bupati Kebumen 2012
SERI 2 2012 SURAT EDARAN
Marhaban ya Seri II 2012
UNDANGAN PACUAN KUDA RAMADHAN CUP 2012
FSI Dikunjungi Oleh 100 Ribu HIT
Hasil Akhir Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI 46 Indonesian Derby 2012
LIVE FROM Kejurnas Seri I Pulomas
HASIL DRAWING BABAK FINAL KEJURNAS PORDASI ke 46 SERI 1 2012
ISSUE KESELAMATAN DALAM OLAH RAGA BERKUDA
Hasil Pacuan Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Drawing Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Akhir Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Undangan Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Hasil Pacuan Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Drawing Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Akhir Pertiwi Cup 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Bupati Bantul Cup II 2012
Hasil Akhir Pacu Kuda Payakumbuh - 50 Kota 2012
Piala Bupati Bantul 2012, Persiapan Akhir Kuda-Kuda
Piala Tiga Mahkota dan Taliabo Derby 2012, Download Undangan Resmi disini
Hasil Sawahlunto Derby 2011
Minang Derby 2012 sudah diambang pintu. Download Undangan Resmi disini
Hasil Pacuan Kuda Galuh Cup IX Pantai Indah Legok Jawa, Ciamis 12/12/2011 - 1/1/2012
OLD AND NEW Horse Racing, Bupati Ciamis CUP, Legok Jawa, Pangandaran, 31/12 - 1/1 2011
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejuaraan Daerah "Minahasa Pacu Kuda 2011, 26 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Hasil Pacuan Kuda HB Cup 3 2011, 13 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Selamat Atas Terpilihnya H. Eddy Saddak sewbagai Ketua PP. Pordasi 2011-2015
Hasil Akhir Babak Penyisihan Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. 10 Juli 2011.
Barrier Draw, Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. Babak Penyisihan 10 Juli 2011. Download
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kapolri Cup - Jakarta Derby 2011
Barrier Draw, Kapolri Cup-Jakarta Derby 2011. Download
Woman Rider in Champion's Cup 2'nd Series 2011, Horse Racing, Pulomas 22 2011
Undangan Resmi Piala KAPOLRI 2011-Jakarta Derby 2011, Pulomas 19 Juni 2011
Inilah Hasil Drawing Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Kasad 2011, Tanjung Bastian, Kab. Timor Tengah Utara (TTU), NTT

Pertiwi Cup 2011, Arcamanik Bandung. Download Undangan Pacuan Kuda Disini

Sutan Agogo (BHM-Kalsel) Kembali Berjaya di Derby Champion Cup Seri I Jarak 1200 M

Torona Sakti, Hancurkan Supremasi Blessing BMW di 1600

Kumpulan berita pendek,Feb-2011

Download, Hasil Drawing Minang Derby 2011

Download, Hasil Akhir Payakumbuh Seizoen 2011

Minang Derby 2011, makin dekat

FSI berulang tahun,memasuki usia ke 4, spammer block FSI server a>

Asian Racing Federation, ternyata Indonesia sudah pernah bergabung tahun 1961

Kumpulan Indonesian Horse Sport News 2010

Horse Sport News 2010

INDONESIAN DERBY UPDATES, FSI 2013 Edition

Oleh Editor Utama FSI: Bpras
By Chief FSI's Editor: Bpras

Derby Indonesia updates FSI Edition 2013, baca update review Derby Indonesia 2013, para penantang Indonesian Derby 2013 yang akan segera datang. Pernak pernik Derby Indonesia, Lihat profile detail kuda-kuda Derby dan Remaja di sini! Indonesian Derby Updates FSI 2013 Edition. Update Review monthly, Indonesian Derby contenders 2013 will be held shortly, anything about Indonesian Derby madness, click detail profiles in here!

Posting Terkini

RAMALAN CUACA / WEATHER FORECAST

Pustaka/Refference

DISCLAIMER

PENCURIAN TULISAN/PLAGIATISME, FSI menentang plagiatism serta berbagai pencurian karya ilmiah dalam bentuk apapun. "Copy and paste" dari tulisan orang lain sangat tidak bermartabat kecuali dengan seijin dan memberi appresiasi kepada pemilik sumber atau penulisnya. Copy dan paste tulisan dari artikel di Forum-Sandalwood Indonesia tidak diperkenankan tanpa seijin tertulis dari FSI. Citasi dari artikel pada Forum Sandalwood Indonesia bisa dilakukan dengan memberi kredit pada penulisnya maupun situs asalnya (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia, Bung Pras FSI

FSI against plagiatism at any reasons and any forms. Copy and Paste from other article is unvaluable attitude except by giving appreciation to the original writter/writters or original sources. Copy and paste from any article in this Forum Sandalwood Indonesia is prohibited without written permission from FSI. Citation can be executed by giving credit to the writter and attaching the source name where you cite (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia. Bung Pras FSI

CAPTCHA
Maaf: Mohon jawab pertanyaan ini untuk Manusia Beneran. Sorry: This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
3 + 3 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Show Room Kuda

HORSE SUPPLY / PERLENGKAPAN KUDA

JASA AHLI IT, SERVER, WEB, SECURITY DLL

IT Services

SPONSOR LINK

Computer, Master Clock, Tower Clock, CCTV, Radio, http://pt-srikandi.co.id


Iklan Baris: jual kuda, alat kuda, gatget, dll
Iklan Baris/Advertisement

COUNTRY RIDE REPORT

TANJUNG BASTIAN HORSE RACING TRACK

Pearls From The East, Find The Beauty of The Beach in Tanjung Bastian. Located far in the east of Indonesia in P. Timor facing north to Savu Sea. The Horse Racing Track is just a minutes away from the white and bright sand dunes. At the south is hundred meter high coral cliff hosts of wild monkeys and birds. The horse racing treack is 1000 M length and 14 M width flat horse racing is held twice a year with special bareback and barefoot horses. Local Timorese pony and childrent jockeys is the most famous horse racing event in this area of Indonesia. Read more detail in here

PAMERAN DAN BURSA KUDA 2009

Lenggok Kuda di Catwalk pagi itu begitu indahnya bagaikan seorang model berhiaskan bunga di telinga dan pita warna-warni. Moment yang jarang sekali ini terjadi di Pameran Dan Bursa Kuda (PAMBUKA) yang diadakan dalam rangkaian Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI Serie I 2009. Berita selanjutnya klick disini.

Visitors
Locations of visitors to this page