You are hereHASIL PACUAN/RACE RESULT / Close Up Update, Indonesian Derby / Indonesian Derby 2009 Updates

Indonesian Derby 2009 Updates


By NoName - Posted on 27 January 2009

Updates 27 Juli 2009, DERBY MADNESS, benar-benar gila ! Inilah pacuan kuda Derby.

Hanya 1.5 jam menjelang hari gelap di hari Minggu 26 Juli 2009, akhirnya Messa (G4) menutup hiruk-pikuk kegilaan Pacuan Kuda Derby Indonesia dengan mengungguli 11 ekor kuda saingannya di Gelanggang Pacuan Kuda Pulomas Jakarta. Inilah kuda yang menurut analisa penulis selama ini akan mendapatkan posisi teratas pada saat yang tepat.

Dialah satu-satunya kuda yang selama kurun waktu Januari - Mei paling sering masuk BOX di Close Up Updates Indonesian Derby 2009. Meskipun tidak pernah memperoleh predikat juara 1 namun cukup di posisi 2 atau 3. Penampilannya selama ini pada jarak pendek selalu kalah. Lawan tangguhnya Kaisar Sung, Tuan Nagari, Barca, Poseidon yang pada Final ternyata tertinggal.

Kuda Messa (G4) yang pada bulan-bulan terakhir kurang diunggulkan dibandingkan Tuan Nagari  (Sumbar) dan Posaidon (Jatim) berhasil mengungguli lawan-lawannya dengan jarak 1.5 panjang kuda. Sementara Tuan Nagari (Sumbar) tidak nampak memasuki finish akibat jockey terjatuh di posisi 500 M menjelang finish.

Didepan penonton yang melimpah ruah histeris baik di tribune atas dan bawah, diluar tribune, dipinggir track luar. Dihadiri kira-kira oleh 2000 penggemar fanatik dari berbagai propinsi di Indonesia, sepanjang track 2000 M ke 12 kuda finalist Indonesian Derby  ini tampak rapat bergerombol mengatur strategi untuk mempertahankan stamina dan kecepatan sampai titik jenuh 2000M.

Messa si darah dingin telah membuktikannya bahwa dialah yang terbaik di tahun 2009 ini.

Sementara itu untuk Kelas 3 Tahun Remaja, kuda Ratu Tonsea (G4) yang pada kurun waktu January - Mei telah sempat satu kali masuk dalam BOX, akhirnya memutuskan untuk berlomba di Kelas Remaja (Derby Kecil). Adalah keputusan yang sungguh jitu. Ratu Tonsea (G4) berhasil mengguguli lawan tangguhnya di Permata Hati (Sumbar), Dewi Sekardadu (Jatim), Mahkota Taszia (G4) (Jabar) maupun Wizurai Bonanza (G3).

Kejuaran Pacuan Kuda Indonesian Derby 2009 ini juga diisi dengan pernak-pernik derby yang sungguh menarik. Pameran dan Bursa Kuda (Pambuka) 2009 yang diikuti oleh belasan kuda G4, Thoroughbred dan KPI juga diadakan pada tgl 25 Juli 2009 sehari sebelum perhelatan akbar dilakukan.

Berlomba pada suhu matahari yang cukup terik 30 derajat dan udara yang  tidak terlalu lembab 50% seluruh kuda - kuda berhasil menyelesaikan lomba dengan semangat sangat tinggi. 

Pada Pacuan Indonesian Derby 2009 kali ini juga dipertandingkan Kelas Thoroughbred Indonesia (TB NDO) dengan total score total 18. Kesuluruh nilai disabet oleh kontingen Jawa Barat.

Hal yang perlu dicatat disini berkenaan dengan penyelenggaraan Pacuan Kuda paling akbar tahun 2009 adalah kekompakan pengurus PP Pordasi. Ditengah krisis yang menghantam dunia dan krisis keuangan namun dengan kesederhanaan yang ada berhasil menghadirkan penyelenggaraan pacuan kuda yang sangat meriah dihadiri oleh 9 kontingan dari 9 propinsi dan partisipasi yang luar biasa dari para kontingen dan penggemar kuda dari berbagai pelosok negeri hadir bersatu dalam kegembiraan, kegilaan Pacuan Derby.

Untuk semua ini FSI perlu mengexpresikan "our Salut !"
Semoga tahun 2010 juga demikian.

artikel terkait:

1. Hasil Akhir Kejurnas Pacuan Kuda Pordasi -43 2009

2. Photo Album (Derby Madness 2009


Updates 12 Juli 2009. New Released !

Inilah 12 ekor kuda finalist Indonesian Derby 2009 yang akan bertanding pada jarak 2000 M besok pada tanggal 26 Juli 2009. Mereka berhasil menyingkirkan lawan-lawan mereka pada babak penyisihan tanggal 12 Juli 2009 siang hari ini.

1. Poseidon (G3), Jatim

2. Kaisar Sung, Sulut,

3 Pramudya Wardani (KPI), Jabar,

4. Barca (G4), Jateng

5. Tuan Nagari (G4), Sumbar

6. Shangrila, Jabar

7. Maximo Caesar (G3), Jabar

8.  Bayu  Samudra (KPI),  Sumbar

9.  Messa (G4), Jabar

10.  Nyong Soputan (G4),  Jateng

11.  Nona Evanda (KP5) Sumbar

12.  Pesona Agis (KP5), Jatim

Akhirnya ke 12 ekor kuda tersebut berhasil membuktikan diri bahwa merekalah yang memiliki speed, endurance pada jarak jenuh 2000 M.  Kejuaraan Indonesian Derby 2009  akan  berlangsung pada jarak 2000 M. Inilah jarak paling mematikan bagi kuda-kuda sprint yang biasanya memiliki gigitan pada jarak sekitar 1600M saja. Untuk memenangkan pada jarak 2000M maka kuda harus juga memiliki "stayer" untuk menuju titik jenuh 2000M.

Disinilah  kekompakan masing-masing kontingen akan diuji. Kekompakan seluruh elemen baik kuda, jockey, perawat, crew, pelatih, pemilik dan kontingen daerahnya akan menjadi satu kekuatan untuk menuju satu titik kulminasi keberhasilan pada lomba paling bergengsi ini. Oleh karena itulah lomba Derby akan selalu menjadi hal yang sangat ditunggu dan menjadi kegilaan orang kuda di arena olah raga pacuan kuda. Kegilaan itu sudah tampakj jauh hari sebelum masa-masa penyisihan.

Kuda-kuda yang tidak berhasil itu juga telah membuktikan dirinya bahwa mereka telah berjuang jauh menuju kemenangan, namun pada akhirnya toh faktor-faktor lain diluar teknispun menjadi penentu "nasib" nya.

Kejuaraan Indonesian Derby belum selesai dan kegilaan nya masih terus bergelora. "Derby Madness" barangkali memang istilah yang paling pas untuk mereka.

Klas Remaja (Derby Kecil)

Selain Pacuan Kuda Derby, juga akan dipertandingkan klas yang tak kalah seru. Klas Remaja. Klas Remaja adalah klas kuda-kuda umur 3 tahun yang karena posturnya tidak memungkinkan bertanding pada kelas Derby. Kualitas kuda-kuda ini satu tingkat dibawah Kuda Derby. Banyak orang menyebutnya sebagai Klas Derby Kecil.

Lalu siapakah finalist Klas Remaja itu. Mereka adalah 12 ekor kuda yang telah berhasil menyingkirkan lawan-lawannya pada penyisihan Klas Remaja hari ini 12 Junli 2009 yang diikuti oleh 35 ekor kuda terbagi dalam 3 heat (RUN). Inilah mereka.

1. Mahkota Taszia (G4), Jabar

2. Matahati Sumbar (G4), Sumbar

3. Dewi Sekardadu (G3), Jatim

4. Ratu Tonsea (G4), Sulut

5. Manifesto (G5), Sulut

6. Siti Saibah (G4), Sumbar

7. Mega Sport, Jateng

8. Roro Darling (G4), Jateng

9. Wizurai Bonanza (G3), Jabar

10. Action Agis (G4), Jatim

11. Ratu Boko (KPI), Jabar

12. Suryo Negoro (G3) Jateng

Mereka akan berlomba pada jarak panjang 1600M pada Final Kejurnas Seri 1 2009 tanggal 26 Juli 2009 di Gelanggang Pacuan Kuda Pulomas Jakarta.

Salam /Bpras?

Jangan lupa buka Slide Show Finalist Derby 2009 dan Slide Show Finalist Klas Remaja 2009.


Updates 11 Juli 2009. Derby Indonesia akan dimulai pada tanggal 12 Juli 2009 besok pagi dengan babak
penyisihan. Diikuti oleh 30 peserta Klas Derby terbagi dalam 3 Run
untuk diambil 12 ekor sebagai finalis yang akan berlomba pada 2 minggu kemudian yaitu tanggal 26 Juli 2009. Hampir pasti sebagian besar kuda yang disajikan pada table "Road to Derby" berpartisipasi dalam babak penyisian yang akan berlangsung sangat ketat. Ditambah beberapa kuda baru yang datang dari luar pulau seperti Tuama Gita, Romantis Dupont dll.

Terbagi dalam 3 RUN dengan jumlah  8, 11, 11 ekor dan akan diambil 4 ekor kuda tercepat dari masing-masing RUN sebagai kuda finalist Indonesian Derby 2009.

Masing-masing Run akan berlangsung sangat ketat dan penuh startegi mengingat kuda-kuda yang ada tidak ada satupun yang dominan, menonjol dibandingkan dengan yang lain. Kualitas dan performance masing-masing kuda kali ini sangat rata-rata sekali sehingga sulit diprediksi siapa akan menjadi yang tercepat. Hanya faktor "luck" yang bisa saja datang dari berbagai sudut: kesehatan kuda, kesiapan jockey, team, cuaca dan emosi masing-masinglah yang akan menentukan. Dan tentunya "berkah" dari yang diatas tak boleh dilupakan. Yang pasti penyisihan derby 2009 akan menjadi tontonan menarik.

Bertanding pada cuaca Jakarta yang kering dengan suhu 32 derajat C dan humidity sekitar 50 % dengan kecepatan angin ke utara 10 Km/jam masing-masing kuda yang terbiasa beristirahat di daerah dingin akan menjadi hal yang tidak mudah untuk diadopsi.

Selain klas Derby ini Klas Pemula C/D juga akan berlangsung sangat alot. Terbagi dalam 4 Run dimana pada masing-masing Run akan diambil 3 tercepat untuk menjadi finalist Klas Pemula C/D dua minggu yad. Sedangkan klas yang lain yang akan dilombakan besok adalah penyisihan Pemula A/B dan Penyisihan Klas Remaja.

Dari Kejuaraan Jakarta Derby 2009 bulan Juni lalu dapat dilihat bahwa Posaidon (G3) yang selama ini baru mengumpulkan 1 point berhasil menjadi Juara I Klas Derby Jakarta Derby. Sementara Pesona Agis berhasil menambah poin dengan Runner Up dan satu kuda pendatang baru di klas Derby ini yaitu Romantis Dupont (G4) berhasil mengumpulkan point di posisi ke 3.

Siapakah yang akan
berhasil sebagai Indonesian Derby Winner 2009 nanti? Ikuti terus Close
Up Updates Indonesian Derby 2009. Jangan lupa baca Road To Derby 2009

Salam/Bung Pras/


Derby Updates June 2009
Piala Tiga Mahkota Seri 2 berlangsung 24 Mei 2009 adalah ajang persiapan Derby Indonesia yang sedikit banyak memberikan gambaran kondisi pacuan kuda pony di Indonesia tahun 2009. Siapapun akan berkata bahwa Piala Tiga Mahkota merupakan tiga serie kejuaraan pacuan kuda di Indonesia yang sangat bergengsi. Dimana seekor kuda harus berhasil menjuarai 3 kali pacuan kuda yang diadakan pada bulan Maret, Mei dan Juli setiap tahunnya pada kelas Derby 3 tahun dengan jarak yang semakin jauh. Puncak Piala Tiga Mahkota adalah Indonesian Derby itu sendiri.

Sungguh menjadi hal yang sangat menarik apabila peserta Derby (Derby Contender) memiliki kemampuan dan performance yang berimbang. Pada kejuaraan Derby Indonesia akan diambil 12 ekor kuda sebagai finalist yang akan bertanding pada tanggal 26 Juli 2009. Dan biasanya peserta Derby lebih dari 24 ekor, oleh karena itu diadakan penyisihan untuk mendapatkan 12 ekor kuda terbaik dalam final nanti. Penyisishan Derby Indonesia diadakan pada 2 (dua) minggu menjelang final untuk memberikan waktu cukup bagi kuda kuda finalist untuk memulihkan kondisinya setelah penyisihan berlangsung.

Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya 2008, 2007, 2006 dimana dengan mudah pengamat kuda bisa memprediksi  siapa calon juaranya,  pada Indonesian Derby 2009 ini  sungguh sangat sulit karena performance kuda-kuda peserta Derby tahun ini sangat berimbang dan cenderung tidak stabil.

Oleh karena itu maka kejuaraan Indonesian Derby 2009 kali ini akan sangat menarik untuk ditonton dan diamati.  Masih ada kesempatan yang luas bagi  para penantang derby untuk memperbaiki diri yaitu pada Kejuaraan Jakarta Derby yang akan berlangsung 21 Juni 2009 di Gelanggang Pacuan Kuda Pulomas Jakarta. Kejuaraan ini sekaligus menjadi ajang uji coba terakhir menjelang penyisihan Derby yang akan berlangsung tanggal 12 July 2009.

Hasil pacuan kuda Klas Derby Piala Tiga Mahkota Serie 2 adalah: Juara 1. Nona Evanda (KP5), betina dragem, 3 thn, 152.7 CM, Prime Minister x Arai Queen. breeder Budi Jaya Stable, Sumbar, F. Nayoan/A.Saepudin, Robby Rismen Budi Jaya Stable. Juara 2. Azzura (G3), betina, dragem, 3 thn, Roman Nose x Ameliana, breeder Syukri, Sumbar, H. Suoth/Slamet Kusuma, Galang Kurnia Gitama Matahari Group-Hollow Stable. Juara 3. Maximo Caesar (G3), jantan, merah 3 tahun, Prime Minister x Ratu Hikmah, breeder H. Haviz Dt. Manindih, Jabar, T. Pantow/W. Mewengkang, 4 Sodara.

Sedangkan untuk kelompok II

Juara 1. Barca (G4) jantan, hitam, 3 th, Hanoman II x Allegrito II, breeder Putra Persada Stable, Jateng, M. Soleran/Berty Sondakh, Ario Wibisono, Putra Persada Stable Juara 2. Pesona Agis (KP5) betina, napas, Adinegoro x Miss Sakura, breeder Perintis Stable, Jatim, Wawan/Rudy Rattu, Ny. Yunarti Sukotjo, Perintis Stable Juara 3. Antas Salam (G3) jantan, merah, 3 thn, Sayoto x Esperenusa, breeder Manfaat Stable, Jateng, Steven P/Berty Sondakh, H. Syamsuri, Manfaat Stable.


CLOSE UP


Dari hasil statistik selama Januari 2009 sampai Mei 2009 (dapat dilihat di Route To Derby 2009) dapat dimasukkan dalam BOX kuda-kuda yang pernah memberoleh point sebagai juara 1, 2 atau 3. Mereka adalah kandidat-kandidat terkuat untuk menjuarai Indonesian Derby 2009.

1. Ratu Maya
2. Maximo Caesar
3. Tuan Nagari
4. Pesona Asmara
5. Messa
6. Pramuda Wardhani
7. Kemayu
8. Kaisar Tsung
9. Ratu Tonsea
10. Barca
11. Lailatul Qodar
12. Antas Salam
13. Pesona Agis
14. Nona Evanda
15. Azzura
16. Zonda
17. Marcela Serayu
18. Nisfu Shiam
19. Sonador
20. Nyong Soputan
21. Bayu Samudra
22. Pangeran Maya
23. Kiatty
24. Shangrila


Siapakah yang akan berhasil sebagai Indonesian Derby Winner 2009 nanti? Ikuti terus Close Up Updates Indonesian Derby 2009. Jangan lupa baca Road To Derby 2009

Salam /Bpras/



Derby Updates Mei 2009
Piala Pertiwi 2009 atau disebut piala para betina 3 tahun (OAKS) memberi porsi terhormat bagi kuda betina. Pada race ini kuda-kuda peserta Derby betina bertanding dalam satu race. Sedangkan kuda jantan diberi kesempatan pada race klas terbuka 3 thn. Keduanya dengan jarak yang sama 1600M. 

Pada dua race 3 thn derby baik betina maupun jantan dapat dilihat performa masing-masing kuda calon peserta derby. Hal-hal yang mengejutkan juga bisa dilihat pada race ini. Lihat saja Pesona Asmara yang melorot tajam dan hanya mampu finish pada urutan ke 5. Namun muncul kejutan baru Nisfu Shiam yang sebelumnya tidak lari pada klas derby tiba-tiba muncul sebagai juara pada klas 3 thn betina.

Sementara pada Klas Terbuka kuda jantan  3 thn 1600M belum terlihat konsistensi performance masing-masing kuda. Kuda-kuda unggulan rupanya tidak dilarikan pada Piala Pertiwi lalu., saya kira masing-masing kontingen mengatur strategi dan mempertahankan kondisi kuda yang harus fit pada bulan Juli nanti.

Pada 24 Mei 2009 nanti barangkali lebih banyak kuda derby diturunkan mengingat pacuan derby tinggal 2 bulan lagi. Masih ada kesempatan melakukan test run pada Piala Tiga Mahkota serie 2 bulan 24 Mei 2009, Piala Jakarta Derby 21 Juni 2009 sebelum masuk ke final Indonesian Derby 2009 tanggal 19 Juli 2009.

Yang menjadi momok setiap kontingen adalah bagaimana mempertahankan kondisi kuda terus fit sebelum dan sesudah berlomba. Dengan selang waktu hanya 30 hari istirahat dan lari lagi bukan tidak mungkin kuda mengalami cedera, kelelahan dsb.

Dari hasil lomba Piala Pertiwi 26 April 2009, kita lihat saja kuda-kuda yang berhasil mengumpulkan point adalah:

Nishfu Shiam juara 1

Messa (G4) menambah point dengan juara 2

Marcela Serayu Juara 3

Di kelas Terbuka 3 thn jantan kuda-kuda yang berhasil menambah point adalah:

Kaisar Sung juara 1

Kiaty (G3) juara 2

Bayu Samudra (KPI) juara 3.

CLOSE UP

Pada bulan April ini hanya satu kuda yang bisa dikatakan konsisten Messa (G4), dan ini artinya bahwa kuda-kuda calon peserta derby belum menunjukkan performance yang stabil, persaingan masih terbuka lebar, belum ada satu kudapun yang bisa diprediksi mendominasi pacuan derby 2009. Peluang masing-masing penantang derby untuk menjuarai derby 2009 masih sama.

Messa meskipun belum memperoleh posisi teratas dalam setiap lomba yang diikuti, namun tiga bulan berturut-turut telah berada dalam box biru dan siapa tahu pada dua bulan kedepan ini berhasil menyodok keatas.

Messa (G4)

Betina, dragem, 3 thn, Street Rebel x Putri Semanggi, Jabar, Hendra/E.
Rosadi, MH. Manglayang Stable. Prestasi: Juara 3 Klas Pemula A/B 1200M
Div. II Piala Jakarta Derby Juni 2008. Juara 2 Klas Derby 1400M Div.
II. Piala Pordasi Januari 2009. Juara 3 Kawilarang Cup 2009 Kelas Calon
Derby Kelompok I - 1600M. Juara 2; Piala Pertiwi 2009 - 1600M.

Kaisar Sung

Jantan, napas, Decibel II x Spicy, breeder D. Waani, Sulut, J.
Singal/Jacky Mukuan, George Freddy, Balang Stable. Prestasi: Juara 2
Kawilarang CUp 2009 Kelas Calon Derby Kelompok I -1600M, juara 1 klas terbuka 3 th 1600M Piala Pertiwi 2009.

Jangan lupa baca Road To Derby 2009

Salam
/Bung Pras/

Derby Updates April 2009
Piala Tiga Mahkota Serie 1 adalah leg pertama dari 3 serie pacuan untuk kuda-kuda calon Penantang Derby 4 th 2009. Piala serie Tiga Mahkota atau disebut pula "Triple Crown" akan berpuncak pada bulan Juli 2009 yaitu bersamaan dengan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Seri 1 dan sekaligus pula Final Indonesian Derby 2009.

Piala Tiga Mahkota Serie 1 juga merupakan ajang pertarungan kuda-kuda calon peserta Indonesian Derby. Pada pacuan ini sudah mulai bisa diprediksi kuda-kuda mana saja yang akan mampu lolos menjadi peserta Indonesianb Derby tahun ini.

Kelas Derby pada piala Tiga Mahkota menempuh jarak 1200M. Disini dapat dilihat kuda-kuda yang memiliki sprint (speed) akan menjuarai perlombaan. Pada seri berikutnya, jarak yang akan ditempuh bertambah menjadi 1600M dan akan berakhir pada Final derby Indonesia dengan jarak 2000M.

Pada kejuaaraan Piala Tiga Mahkiota seri 1 29 Maret 2009 lalu, penantang derby 4 thn baru yang akan ikut meramaikan persaingan adalah sbb:

Poseidon (G3)
jantan, napas, 3 thn, Long War x Tsunami, breeder Brother Silver Stable, Jatim, J. Runtu tranner E. Wowiling, pemilik Cheng Kwok Kwai, Brother Silver Stable. Prestasi Juara 2 Kelas Remaja Kejurnas Pordasi seri 1 2008, Juara 1 Kelas Pemula A/B Pertiwi Cup Oaks 2008, Juara 1 kelas 2 thn A/B Piala Tiga Mahkota Serie 1 2008.

Big Star II (G4)
Jantan, dragem, 3 thn, Godsarc x Melati, breeder Dwilang Stable, Jabar, Dedi S trainer D. Lesmana, pemilik Rizal, Dwilang Stable. Prestasi:

Supersonic II (KPI)
Jantan, merah, 3 thn, The Champ x Tiyanti, breeder A. Martowijoyo, Jabr, Jocky C. Singal.Trainner Edwin Basuki. pemilik Ir. Yeye Yusuf. Prestasi:

Nona Evanda (KP5)
Betina, dragem, 3 thn, Prime Minister x Arai Queen, breeder Budi Jaya Stable, Sumbar, jocky F. Nayoan trainner A. Saefudin, pemilik Robby Rismen, Budi Jaya Stable. Prestasi: Juara 1 Kelas Derby 1400M Kelompok 2 Piala Tiga Mahkota Serie 1 2009, Juara 3 kelas 2 thn C/D Kejurnas Seri 1 2008, Juara 3 Klas Pemula C/D 2 thn Piala Pertiwi OAKS 2008, Juara 2 Kelas Calon Remaja Piala Ramadhan 2008.

Sonador
Betina, napas, Carl Harbour x Miss Valentine, breeder Brother Silver Stable, Jatim, jocky J. Runtu, trainer Eddy Wowiling, pemilik Cheng Kwok Kwai, Brother Silver Stable. Prestasi Juara 3. Kelas derby Kelompok I Piala Tiga Mahkota Seri 1 2009, juara 2 kelas pemula A/B Jakarta Derby 2008.

Nyong Soputan (G4)
Jantan, napas, SOputan Tulen x Putri Sinosoan, breeder Sukun STable, Jateng, jocky M. Soleran, trainner Berty Sondakh, pemilik Anira Anifa, SUkun Stable. Prestasi: Juara 3 kelas Derby Kelompok II Piala Tiga Mahkota Serie 1 2009.

Kuda-kuda yang berhasil menambah perolehan angka pada kelas derby piala seri Tiga Mahkota maret lalu adalah:

Nona Evanda, Ratu Tonsea, Nyong Soputan, Antassalam, Shangrila, Sonador, Pesona Asmara, Pramuda Wardani dan Ratu Maya.

“WATCH OUT THIS BOX”


CLOSE UP
Kuda-kuda calon penantang derby Indonesia 2009 yang berhasil menambah perolehan piala dan mengangkat prestasi pada kejuaraan Piala Tiga Mahkota Seri 1 Triple Crown 2009 Maret 2009 dan kita masukan dalam BOX ini adalah:

1. Ratu Maya (KP6)
Betina, dragem, 3 thn, Carl Harbour x Jade Punik, Yusuf Andi Wiryadinata, F. Nayoan/Jack Mukuan, Agam Tirtobuwono, SHRD. Prestasi: Juara 3 Derby 1400 M Div. II Piala Pordasi, Jakarta Januari 2009. Juara 2 Kawilarang Cup 2009 Kelas Calon Derby 1-600M. Juara 3 Kelas Derby "Triple Crown" Piala Tiga Mahkota serie 1 2009.

2. Ratu Tonsea
Ratu Tonsea (G4)
Betina, napas, 3 thn, Sabeil x Ratu Mandura, breeder Taufik W.S, Sulut, T. Pantow/Edwin Basuki, Tonsea Stable. Prestasi: Juara 3 Kawilarang CUP 2009 Kelas Calon Derby kelompok III - 1600M, Juara 2 Kelas Derby Kelompok II Piala Tiga Mahkota Serie 1 2009.

3. Messa (G4)
Betina, dragem, 3 thn, Street Rebel x Putri Semanggi, Jabar, Hendra/E. Rosadi, MH. Manglayang Stable. Prestasi: Juara 3 Klas Pemula A/B 1200M Div. II Piala Jakarta Derby Juni 2008. Juara 2 Klas Derby 1400M Div. II. Piala Pordasi Januari 2009. Juara 3 Kawilarang Cup 2009 Kelas Calon Derby Kelompok I - 1600M.

4. Pesona Asmara (G3)
Betina, napas, Snap Happy x Rosdian, breeder Redenis, Sumbar, T. Firmansyah/Iwan Kurniawan, Liberta Raja Afani, Rajawali Stable. Prestasi: Juara 1 Kawilarang Cup 2009 Kelas Calon Derby Kelompok I - 1600M. Juara 1 Sawahlunto Derby, Kelas Derby 1500 M. Juara 1 Kelas 2 th Pemula A/B- 1200M Piala Pertiwi 2008 OAKS. Juara 1 Klas Pemula A/B 1200M Piala Tiga Mahkota 2008 Serie 2. Juara 1 kelas Derby "Triple Crown" Piala Tiga Mahkota Serie 1 2009.

5. Pramuda Wardani
Jantan merah, 3 thn, Arung Samudra x Debonaire, Jabar, E. Sonitan/Iwan Kurniawan, Aragon Stable. Prestasi: Juara 2 Klas Derby 1400M Div. I Piala Pordasi, Jakarta Januari 2009. Juara 2 Pemula A/B 1200 M Div. I, Jakarta Derby Juni 2008. Juara 2 Klas Calon Derby 1400M Div I. Piala Ramadhan September 2008. Juara 2 Kelas Derby "Triple Crown" Piala Tiga Mahkota Seri 1 2009.

6. Antassalam
Jantan, merah, 3 thn, Scioto Lord x Esperenusa, breeder Manfaat Stable, Jateng, Rully Soleran/Berty Sondakh, H. Syamsuri, Manfaat Stable. Prestasi: Juara 3 kelas Pemula A/B Piala Pertiwi 2008 OAKS, Juara 2 Kawilarang Cup 2009 Klas Calon Derbu Kelompok III -1600 M. Juara 1 Kelas Derby Kelompok I Piala Tiga Mahkota Serie 1 2009.

Jangan lupa baca pula Road To Derby 2009

Salam /Bung Pras/

Derby Updates March 2009
Persiapan Indonesian Derby 2009 bagi kuda-kuda calon penantang mulai menghangat. Stable-stable terus melakukan latihan terhadap kuda-kuda calon derby unggulannya. Jumlahnya makin hari makin bertambah. Latihan persiapan sebagai sarana evaluasi dilakukan diberbagai wilayah propinsi sebelum memutuskan bertempur di Pulo Mas Jakarta nanti pada bulan Juli 2009.

Latihan-latihan itu dilakukan di berbagai lapangan di daerah seperti: Arcamanik Bandung, Tegalwaton Salatiga, Kenjeran Surabaya, Sulawesi Utara, Yogyakarta dan Sumatra Barat. Tak ketinggalan pula Pulo Mas Jakarta.

Persiapan pada bulan Maret di Jakarta akan diadakan pada Piala Tiga Mahkota Serie 1 tanggal 29 Maret 2009 di Lapangan Pacuan Kuda Pulo Mas Jakarta.

Pada seri balapan Kawilarang Memorial Cup bulan Februari 2009 lalu juga diadakan race untuk Kelas Calon Derby dengan jarak 1.600M yang terbagi dalam 3 kelompok yaitu I, II, dan III. Namun pada seri persiapan derby bulan lalu, terlalu sulit untuk melihat prestasi dan kemampuan masing-masing kuda dikarenakan kondisi track yang tergenang air sehingga kuda-kuda terpaksa harus menahan diri.

Namun dari pacuan Kawilarang Memorial Cup dapat dilihat kuda-kuda baru yang dicoba untuk lari di kelas derby. Hal ini menambah jumlah kuda yang akan ikut ambil bagian pada kejuaraan nasional kelas derby berikutnya. Kuda-kuda baru yang muncul dalam kelas calon derby ini adalah:

1. Predator Sumbar
Jantan, dragem, 3 thn, Swift John x Sempati, breeder Dirgantara Stable, Sumbar, Kenny N/Edwin Basuki, Dirgantara Stable. Prestasi:

2. Robendo (G4)
Jantan, napas, 3 thn, Lamtara Trojan x My Way Sulut, breeder Triple "R" Stable, Noldy A/Drs. Robby Rewah, Rolly Rewah, Triple "R" Stable. Prestasi: Juara 3 Perdana C/D Piala Tiga Mahkota Seri 1 2008, Juara 2 Klas 2 thn Pemula C/D 1000M Piala Pertiwi 2008 OAKS, Juara 2 Klas Pemula C/D Div. I, Jakarta Derby 2008.

3. Ayu Satria Jaya
Betina, napas, 3 thn, Discovery x Bintang Satria, breeder KTS Stable, Jatim, J. Paendong/Pet Supit, Amir Stable. Prestasi:

4. Barca (G4)
Jantan, hitam, 3 thn, Hanoman II x Allegrito II, breeder Putra Persada Stable, Jateng, M. Soleran/Berty Sondakh, Ario Wibisono, Putra Persada Stable. Prestasi: Juara 1, Kawilarang Cup 2009 klas Calon Derby Kelompok III -1600 M.

5. Antassalam
Jantan, merah, 3 thn, Scioto Lord x Esperenusa, breeder Manfaat Stable, Jateng, Rully Soleran/Berty Sondakh, H. Syamsuri, Manfaat Stable. Prestasi: Juara 3 kelas Pemula A/B Piala Pertiwi 2008 OAKS, Juara 2 Kawilarang Cup 2009 Klas Calon Derbu Kelompok III -1600 M. Juara 1 Kelas Derby Kelompok I Piala Tiga Mahkota Serie 1 2009.

6. Ratu Tonsea (G4)
Betina, napas, 3 thn, Sabeil x Ratu Mandura, breeder Taufik W.S, Sulut, T. Pantow/Edwin Basuki, Tonsea Stable. Prestasi: Juara 3 Kawilarang CUP 2009 Kelas Calon Derby kelompok III - 1600M, Juara 2 Kelas Derby Kelompok II Piala Tiga Mahkota Serie 1 2009.

7. Sun Line (G4)
Betina, merah, 3 thn, Voting Dancer a, breeder Nikita Stable, Sumbar, H. Pantow/Yose Rizal Idris, Nikita Stable. Prestasi: Juara 3 Pemula C/D 1000M Div II, Jakarta Derby 2008.

8. Zonda
Jantan, napas, 3 thn, Long War x Taifun, breeder Silver Brother Stable, J. Runtu/E. Wowiling, Jatim, Brother Silver Stable. Prestasi: Juara 2 Perdana A/B Piala 3 Mahkota Serie I 2008, Juara 3 Kawilarang Cup 2009 Kelas Calon Derby -1600M Kelompok II.

9. Vega Thor (KPI)
Jantan, dragem, 3 thn, Putra Bandung x Bintang Sya'bani, breeder Aragon STable, Jabar, T. Firmansyah/Iwan. Kurniawan, Aragon Stable

10. Luna Maya (G4)
Betina, Merah, 3 thn, Vooting Dancer x Titania, breeder H. Amril Zailani, Sumbar, H. Pantow/Yose Rizal Idris, Nikita Stable. Prestasi: Juara 2 Kelas 2 thn Pemula A/B-1200M Piala Pertiwi 2008 OAKS.

11. Pesona Asmara (G3)
Betina, napas, Snap Happy x Rosdian, breeder Redenis, Sumbar, T. Firmansyah/Iwan Kurniawan, Liberta Raja Afani, Rajawali Stable. Prestasi: Juara 1 Kawilarang Cup 2009 Kelas Calon Derby Kelompok I - 1600M. Juara 1 Sawahlunto Derby, Kelas Derby 1500 M. Juara 1 Kelas 2 th Pemula A/B- 1200M Piala Pertiwi 2008 OAKS. Juara 1 Klas Pemula A/B 1200M Piala Tiga Mahkota 2008 Serie 2. Juara 1 kelas Derby "Triple Crown" Piala Tiga Mahkota Serie 1 2009.

12. Manifesto (G5)
Jantan, 3 thn, Katipunan x Miss Serena, breeder Miranda Stable, Sulut, J. Roring/Adhi Supit, Adrian N. Supit, Miranda Stable. Prestasi: Juara 3 Kelas 2 tahn Pemula C/D -1000M Piala Pertiwi 2009 OAKS.

13. Kaisar Tsung
Jantan, napas, Decibel II x Spicy, breeder D. Waani, Sulut, J. Singal/Jacky Mukuan, George Freddy, Balang Stable. Prestasi: Juara 2 Kawilarang CUp 2009 Kelas Calon Derby Kelompok I -1600M

“WATCH OUT THIS BOX”


CLOSE UP
Kuda-kuda calon derby yang berhasil menambah perolehan piala dan mengangkat prestasi pada kejuaraan Kawilarang Memorial Cup 2009 Februari lalu adalah:

1. Ratu Maya (KP6)
Betina, dragem, 3 thn, Carl Harbour x Jade Punik, Yusuf Andi Wiryadinata, F. Nayoan/Jack Mukuan, Agam Tirtobuwono, SHRD. Prestasi: Juara 3 Derby 1400 M Div. II Piala Pordasi, Jakarta Januari 2009. Juara 2 Kawilarang Cup 2009 Kelas Calon Derby 1-600M. Juara 3 Kelas Derby "Triple Crown" Piala Tiga Mahkota serie 1 2009.

2. Tuan Nagari (G4)
Jantan, dragem, 3 thn, Sabeil x Etna, breeder Bendang Stable, Sumbar, jockey Stevi T, trainner H.E. Bahar, Pemilik Mario R. Saleh Bahar, Bendang Stable. Juara 1 Kawilarang Cup 2009 Kelas Calon Derby Kelompok II 1600 M

3. Messa (G4)
Betina, dragem, 3 thn, Street Rebel x Putri Semanggi, Jabar, Hendra/E. Rosadi, MH. Manglayang Stable. Prestasi: Juara 3 Klas Pemula A/B 1200M Div. II Piala Jakarta Derby Juni 2008. Juara 2 Klas Derby 1400M Div. II. Piala Pordasi Januari 2009. Juara 3 Kawilarang Cup 2009 Kelas Calon Derby Kelompok I - 1600M.

Jangan lupa baca Road To Derby 2009

Salam
/Bung Pras/

*****************************************

UPDATES JANUARI 2009
Musim pacuan 2009 sudah dimulai dan siapakah gerangan kuda-kuda yang akan ikut berlomba di kelas paling bergengsi ini? FSI mulai mengumpulkan data-data dari lapangan seputar kuda-kuda yang mulai mempersiapkan diri di klas Derby baik di Div III, Div II maupun Div I.

Indonesian Derby adalah event paling ditunggu tidak hanya oleh para penggemar kuda pacu, namun juga oleh para peternak kuda di seluruh negeri. Karena pacuan derby merupakan tolok ukur prestasi kuda yang dihasilkan dari pejantan dan indukan pilihan. Meskipun sebenarnya kuda juara derby belum tentu merupakan kuda yang terbaik dari segi konformation maupun performanya dll. Namun ada sisi-sisi lain yang sangat berpengaruh yang potential menentukan hasil akhir prestasi kuda pada kejuaraan derby. Oleh karena itulah ajang pertarungan derby merupakan pertaruhan segala upaya orang kuda mulai dari pemilik, perawat, pelatih, jockey maupun kontingen.

Setelah berusia satu tahun akan lebih mudah bagi FSI untuk melihat prestasi masing-masing penantang "contender" di klas derby, hal ini karena data mereka sudah terekam di database FSI. Para penggemar tinggal meluangkan waktu untuk membuka-buka file lama hasil pacuan kuda tahun lalu. Bagi kuda yang memang belum pernah ikut berlomba atau belum berprestasi, maka record itu tentunya tidak ada. Nah disini kita harus bekerja keras untuk menggali siapakah mereka dan bagaimana prestasi yang sudah diraihnya selama ini.

Diantara kuda-kuda tersebut anda pasti mengenal:

1. Lailatul Qodar,
Betina napas, 3 thn, Carl Harbour x Manis Manja, Jatim, jockey Jackson pelatih Johny Rattu, pemilik Drs. H. Muhammad Ru'i, T. Ms, Bintang Madura Stable. Breeder Manfaat Stable, Jateng. Prestasi yang pernah diraih: Juarai I Klas Derby 1400M Div III Piala Pordasi 2009 Jakarta, Juara I Klas Calon Remaja 1200M Piala Ramadhan September 2008,

2. Satria Baracuda (G4)
Jantan, napas, 3 thn, The Champ x Love, breeder A. Martowijoyo, SUlut, J. SIngal, Jack Mukuan, George Freddy, Balang Stable. Prestasi:

3. Kemayu (G4)
Betina, napas, 3 thn, Black Eagling x Maduayu, breeder Telaga Stable, Jatim, jockey Dedi. S, pelatih E. Sukandi, H.A.M, Arafat, Telaga Stable. Prestasi: Juara 2 Derby 1400M Div. III, Piala Pordasi Januari 2009.

4. Ayu Kemala (KPI)
Betina Merah 2 th, (Bayu TresnoxEmpress Wu) Sumbar, Bendang Stable.
Prestasi: Juara 1 Klas Tambahan 800M, Jakarta Derby Juni 2008

5. Pangeran Maya (KP5)
Jantan, merah, 3 thn, Scioto Lord x Maya Sovereign, breeder Yusuf Andi Wiryadinata, Sulut, Jockey S. Paendong pelatih Jack Mukuan, pemilik George Freddy, Balang Stable. Prestasi: Juara 1 Klas Derby 1400M Div. III, Piala Pordasi, Jakarta Januari 2009.

6 Explosive RED
Jantan, napas, 3 thn, Archeologist x .. , Sulut, F. Nayoan/Irwan Rumbayan, Herry Dotulong. Prestasi Juara 3 Klas Derby 1400M Div III. Piala Pordasi, Januari 2009.

7. Putri Intan
Betina, napas, 3 thn, The Champ x Putri Tumpaan, breeder M2O Stable, Sulut, jockey R. Sa'adah, trainner Pet Supit, Pemilik Drs. Johanes Gluba Gebze, M 2 O Stable.

8. Aurel Queen (G2)
Betina, dragem, 3 thn, Harau God Star x Pharian, breeder H. Dedi Dt. Balijo, Jabar, jockey Kenny N, trainner W. Mewengkang, pemilik 4 Sodara, Taman Laut Stable.

9. Ratu Maya (Kp6)
Betina, dragem, 3 thn, Carl Harbour x Jade Punik, Sulut, F. Nayoan/Jack Mukuan, Agam Tirtobuwono, SHRD. Prestasi: Juara 1 Perdana A/B Piala 3 Mahkota Serie 1 2008, Juara 3 Derby 1400 M Div. II Piala Pordasi, Jakarta Januari 2009. Juara 3 kelas Derby "Triple Crown" Piala Tiga Mahkota Serie 1 2009.

10. Messa (G4)
Betina, dragem, 3 thn, Street Rebel x Putri Semanggi, Jabar, Hendra/E. Rosadi, MH. Manglayang Stable. Prestasi: Juara 2 Klas Derby 1400M Div. II. Piala Pordasi Januari 2009. Juara 3 Klas Pemula A/B 1200M Div. II Piala Jakarta Derby Juni 2008.

11. Ford Ranger
Jantan, dragem, 3 thn, Putra Bunaken x Lady Imagine, breeder Ivana Stable, Sulut, jockey T. Pantow, trainner Hens Rori, pemilik Ivan Sarundayang, Ivana Stable.

12. Lady O'War
Betina, dragem, 3 thn, Carl Harbour x Rewang, breeder Perintis Stable, Jabar, jockey Saiful Anam, trainner Pet Supit, Pemilik D.A. Rahman, Kemuning Stable. Prestasi: Juara 3 Klas Calon Derby 1400M Div. II. Piala Ramadhan September 2008

13. Shangrila
Betina, hitam, 3 thn, Pargata King x Intermezo, breeder Tirto Santoso, Jabar, jockey D. Suhendar, trainer Iwan Kurniawan, Pemilik Ir. Yeye Yusup. Prestasi: Juara 2 Klas Tambahan 800M Jakarta Derby Juni 2008. Juara 2. Kelas Derby Kelompok I Piala Tiga Mahkota serie 1 2009.

14. Trophy Collector (G4)
Betina napas 2 thn. Pargata King x Lady In Black, Sulut, Ibu Adelien Mangindaan Tumbuan. Prestasi: Juara 3 Pemula A/B 1200M Div. I, Piala Tiga Mahkota Seri 2 Mei 2008. Juara 1 Klas Calon Derby 1400M Div. I. Piala Ramadhan September 2008.

15. Maximo Caesar (G3)
Jantan Merah, 3 th, Prime Minister x Ratu Hikmah, Jabar, Jackson S/W. Mewengkang, Taman Laut Stable 4 Sodara. Prestasi: Juara 2 Pemula A/B 1200M Div. I Piala Tiga Mahkota Serie 2 Mei 2008. Juara 2 Kelas 2 th Pemula A/B 1200M Div-1 Piala Pertiwi 2009 OAKS, Juara 1 Klas Derby 1400M Div. I Piala Pordasi, Jakarta Januari 2009.

16. Pramuda Wardani (KPI)
Jantan merah, 3 thn, Arung Samudra x Debonaire, Jabar, E. Sonitan/Iwan Kurniawan, Aragon Stable. Prestasi: Juara 2 Klas Derby 1400M Div. I Piala Pordasi, Jakarta Januari 2009. Juara 2 Pemula A/B 1200 M Div. I, Jakarta Derby Juni 2008. Juara 2 Klas Calon Derby 1400M Div I. Piala Ramadhan September 2008. Juara 2 Kelas Derby "Triple Crown" Piala Tiga Mahkota Seri 1 2009.

17. Kiaty (G3)
betina dragem 2 thn, Swift JohnxSrikandi Lembang, Sulut, Tonsea Stable. Prestasi: Juara I Pemula A/B 1200 M Div. II, Piala Piala Tiga Mahkota Seri 2 Mei 2008.

18. Bayu Samudra (KPI)
Jantan, dragem, 3 thn, Arung Samudra x Roro Sembodro, Sumbar, H. Pantow/Edwin Basuki, Nikita Stable. Prestasi: Juara 3 Klas Derby 1400M Div.I Piala Pordasi Jakarta Januari 2009.

19. IMAGROZO TROJAN
Jantan, napas, 3 thn, Imaginero x Putri Bali, breeder Trojan Stable, Jatim, jockey A. Rahmat, trainner Iwan Kurniawan, Pemilik Trojan Stable.

20. Mahajaya (KPI)
Jantan napas 2 th, Syujud SyukurxRatu Phonesia, Jabar, Ir. Oentung Joesoef Dago Stable.Prestasi: Juara 3 Pemula A/B 1200M Div. II Piala Tiga Mahkota Serie 2 Mei 2008, Juara I Klas Derby 1400 M, Piala Gubernur Jateng II, Desember 2008,

21. Tuan Nagari (G4)
Jantan, dragem, 3 thn, Sabeil x Etna, breeder Bendang Stable, Sumbar, jockey Stevi T, trainner H.E. Bahar, Pemilik Mario R. Saleh Bahar, Bendang Stable.

22. Roro Darling
Betina, napas, Heroic Star x Prince Oro, Family Stable, Kendal, Jateng Prestasi: Juara I Klas Calon Derby 1400M Piala Pordasi Semarang 2008

Nah itulah mereka yang sampai saat ini kelihatan. Tentunya para penantang (contender) akan selalu bertambah dari hari ke hari atau berkurang. Oleh karena itu jangan lewatkan membaca updates Indonesian Derby 2009 di situs FSI kita ini.

Salam
/Bung Pras/
o

BERITA TERHANGAT
Hasil Drawing Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2016, 21 Februari 2016
Hasil Drawing Pacuan Kuda Jateng Derby 2016, 31 Januari 2016
Undangan Pacuan Kuda Jateng Derby 2016, 31 Januari 2016
Hasil Barrier Draw Piala Raja HB X 2015, 8 November 2015
Hasil Barrier Draw Kejurnas PP. Pordasi 49 Seri 1 Indonesian Derby 2015 Babak FINAL 16 Agustus 2015
Hasil Barrier Draw Kejurnas PP. Pordasi 49 Seri 1 Indonesian Derby 2015 Babak penyisian 2Agustus 2015

Peta Baru Olah Raga Berkuda Horse Racing "ANTI -DOPING

Hasil Drawing Pacuan Kuda Tingkat Nasional Minang Derby dan piala Tiga Mahkota Serie 2, 3 Mei 2015 download disini
Undangan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Minang Derby 3 Mei 2015 download disini
Hasil Akhir Pacuan Kuda Tegalwaton Cup 2014
Hasil Drawing Jateng Derby 2015, Tegalwaton 18 Januari 2015. download disini
Tegalwaton Cup Ke V Salatiga 24 Agustus 2014. download disini
Hasil Drawing Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 Babak Penyisihan 6 Juli 2014. download disini
Pacuan Kuda Kejurnas Seri 1 dan 2 2014. download Undangan Umum

Pacuan Kuda Minang Derby 2014 dan piala Tiga Mahkota Seri 2 2014, download Hasil Drawing
Pacuan Kuda Pra-PON XIX, Bupati Bantul Cup ke IV 2014
Undangan Kejuaraan Pacuan Kuda AE. Kawilarang Cup 2014
Laporan Hasil Pacuan JATENG DERBY 2014
Hasil Drawing JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2014
Undangan JATENG DERBY 2014 18-19 Januari 2013
Hasil Drawing HB Cup X ke V 2013 2-3 November 2013
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Sumpah Pemuda Cup 2013 27 Oktober 2013, Pulomas Race Course JAKARTA TIMUR
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Hamengku Buwono CUP V 2013 3 November 2013, Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Piala Paku Alam I 2013 29 September 2013, Sultan Agung, Bantul DIY
UNDANGAN UMUM Kejurnas PP. Pordasi ke 47 Seri 2 2013 15 September 2013, Tegalwaton
Hasil Drawing Babak Final Kejurnas PP. Pordasi Seri 1 2013 7 Juli 2013
Hasil Akhir Kejuaraan Pacuan Kuda Daerah Tompaso Sulawesi Utara 14 Juni 2013
Hasil Drawing babak penyisihan Kejurnas Seri 1 - Indonesian Derby 2013.
UNDANGAN UMUM KEJURNAS PP. PORDASI ke 47 Tahun 2013, FORMULIR PENDAFTARAN dll.
HASIL PACUAN KUDA PIALA TIGA MAHKOTA - MINANG DERBY 2013
Undangan pacuan Kuda Minang Derby - Piala Tiga Mahkota Seri 2 2013
Hasil Drawing Pertiwi CUP-Madura Derby 2013
Undangan Pacuan Kuda Pertiwi Cup - Madura Derby 2013
Hasil Drawing Taliabo Derby, Piala Tiga Mahkota 2013
Suramadu Derby 2013, Hasil Pacuan Selengkapnya
Ekspedisi Kuda Khatulistiwa Segera Melintas
Hasil Pacuan Kuda PIALA Pangdam Jaya 2012, Pulomas Jakarta
Pacuan Kuda PIALA GUBERNUR SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda HUT MINAHASA ke 584 SULUT 2012, MAESA TOMPASO
Pacuan Kuda BHAYANGKARA CUP SULUT 2012, MAESA TOMPASO!
Pacuan Kuda Istimewa Hamengku Buwono X Cup IV 2012, Bantul!
Pacu Kuda Bukik Ambacang 13 Oktober 2012 Bukittinggi Sumbar!
HB X CUP IV-2012, BUKU RACE ACARA 11 November 2012 downloadable here !!!
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejurnas Ke 46 Seri 2 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Turangga Jaya CUP IV BOROBUDUR, 22 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 Babak Final 2012, 30 September 2012
Hasil Drawing Kejurnas Pacuan Kuda Serie 2 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Tegalwaton 2012
Hasil Pacuan Kuda Piala Bupati Kebumen 2012
SERI 2 2012 SURAT EDARAN
Marhaban ya Seri II 2012
UNDANGAN PACUAN KUDA RAMADHAN CUP 2012
FSI Dikunjungi Oleh 100 Ribu HIT
Hasil Akhir Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI 46 Indonesian Derby 2012
LIVE FROM Kejurnas Seri I Pulomas
HASIL DRAWING BABAK FINAL KEJURNAS PORDASI ke 46 SERI 1 2012
ISSUE KESELAMATAN DALAM OLAH RAGA BERKUDA
Hasil Pacuan Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Drawing Babak Penyisihan Kejurnas Seri 1, 1 Juli 2012
Hasil Akhir Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Undangan Kapolri CUp - Malut Derby 2012, 2 Juni 2012
Hasil Pacuan Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Drawing Madura Derby 2012, 13 MEI 2012
Hasil Akhir Pertiwi Cup 2012
Hasil Akhir Pacuan Kuda Bupati Bantul Cup II 2012
Hasil Akhir Pacu Kuda Payakumbuh - 50 Kota 2012
Piala Bupati Bantul 2012, Persiapan Akhir Kuda-Kuda
Piala Tiga Mahkota dan Taliabo Derby 2012, Download Undangan Resmi disini
Hasil Sawahlunto Derby 2011
Minang Derby 2012 sudah diambang pintu. Download Undangan Resmi disini
Hasil Pacuan Kuda Galuh Cup IX Pantai Indah Legok Jawa, Ciamis 12/12/2011 - 1/1/2012
OLD AND NEW Horse Racing, Bupati Ciamis CUP, Legok Jawa, Pangandaran, 31/12 - 1/1 2011
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kejuaraan Daerah "Minahasa Pacu Kuda 2011, 26 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Hasil Pacuan Kuda HB Cup 3 2011, 13 November 2011
Come to Our World, World of Horse Racing Sport, HB CUP 3, Bantul 13 November 2011
Selamat Atas Terpilihnya H. Eddy Saddak sewbagai Ketua PP. Pordasi 2011-2015
Hasil Akhir Babak Penyisihan Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. 10 Juli 2011.
Barrier Draw, Kejurnas Pacuan Kuda Serie 1 - Indonesian Derby 2011. Babak Penyisihan 10 Juli 2011. Download
Hasil Akhir Pacuan Kuda Kapolri Cup - Jakarta Derby 2011
Barrier Draw, Kapolri Cup-Jakarta Derby 2011. Download
Woman Rider in Champion's Cup 2'nd Series 2011, Horse Racing, Pulomas 22 2011
Undangan Resmi Piala KAPOLRI 2011-Jakarta Derby 2011, Pulomas 19 Juni 2011
Inilah Hasil Drawing Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Champion 2011 Serie 2, Pulomas 22 Mei 2011
Piala Kasad 2011, Tanjung Bastian, Kab. Timor Tengah Utara (TTU), NTT

Pertiwi Cup 2011, Arcamanik Bandung. Download Undangan Pacuan Kuda Disini

Sutan Agogo (BHM-Kalsel) Kembali Berjaya di Derby Champion Cup Seri I Jarak 1200 M

Torona Sakti, Hancurkan Supremasi Blessing BMW di 1600

Kumpulan berita pendek,Feb-2011

Download, Hasil Drawing Minang Derby 2011

Download, Hasil Akhir Payakumbuh Seizoen 2011

Minang Derby 2011, makin dekat

FSI berulang tahun,memasuki usia ke 4, spammer block FSI server a>

Asian Racing Federation, ternyata Indonesia sudah pernah bergabung tahun 1961

Kumpulan Indonesian Horse Sport News 2010

Horse Sport News 2010

INDONESIA DERBY UPDATES, FSI 2015 Edition

Oleh Editor Utama FSI: Bpras
By Chief FSI's Editor: Bpras

Derby Indonesia updates FSI Edition 2015, baca update review Derby Indonesia 2015, para penantang Indonesia Derby 2015 yang akan segera datang. Pernak pernik Derby Indonesia, Lihat profile detail kuda-kuda Derby dan Remaja di sini! Indonesian Derby Updates FSI 2015 Edition. Update Review monthly, Indonesia Derby contenders 2015 will be held shortly, anything about Indonesian Derby madness, click detail profiles in here!

Posting Terkini

RAMALAN CUACA / WEATHER FORECAST

Pustaka/Refference

DISCLAIMER

PENCURIAN TULISAN/PLAGIATISME, FSI menentang plagiatism serta berbagai pencurian karya ilmiah dalam bentuk apapun. "Copy and paste" dari tulisan orang lain sangat tidak bermartabat kecuali dengan seijin dan memberi appresiasi kepada pemilik sumber atau penulisnya. Copy dan paste tulisan dari artikel di Forum-Sandalwood Indonesia tidak diperkenankan tanpa seijin tertulis dari FSI. Citasi dari artikel pada Forum Sandalwood Indonesia bisa dilakukan dengan memberi kredit pada penulisnya maupun situs asalnya (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia, Bung Pras FSI

FSI against plagiatism at any reasons and any forms. Copy and Paste from other article is unvaluable attitude except by giving appreciation to the original writter/writters or original sources. Copy and paste from any article in this Forum Sandalwood Indonesia is prohibited without written permission from FSI. Citation can be executed by giving credit to the writter and attaching the source name where you cite (http://forum-sandalwood.web.id.). Copyright: Forum Sandalwood Indonesia. Bung Pras FSI

Show Room Kuda

HORSE SUPPLY / PERLENGKAPAN KUDA

JASA AHLI IT, SERVER, WEB, SECURITY DLL

IT Services

SPONSOR LINK

Computer, Master Clock, Tower Clock, CCTV, Radio, http://pt-srikandi.co.id


Iklan Baris: jual kuda, alat kuda, gatget, dll
Iklan Baris/Advertisement

COUNTRY RIDE REPORT

TANJUNG BASTIAN HORSE RACING TRACK

Pearls From The East, Find The Beauty of The Beach in Tanjung Bastian. Located far in the east of Indonesia in P. Timor facing north to Savu Sea. The Horse Racing Track is just a minutes away from the white and bright sand dunes. At the south is hundred meter high coral cliff hosts of wild monkeys and birds. The horse racing treack is 1000 M length and 14 M width flat horse racing is held twice a year with special bareback and barefoot horses. Local Timorese pony and childrent jockeys is the most famous horse racing event in this area of Indonesia. Read more detail in here

PAMERAN DAN BURSA KUDA 2009

Lenggok Kuda di Catwalk pagi itu begitu indahnya bagaikan seorang model berhiaskan bunga di telinga dan pita warna-warni. Moment yang jarang sekali ini terjadi di Pameran Dan Bursa Kuda (PAMBUKA) yang diadakan dalam rangkaian Kejurnas Pacuan Kuda PORDASI Serie I 2009. Berita selanjutnya klick disini.

Previous Visitors Totals
Locations of visitors to this page